Samakan Persepsi, Diskominfo Kota Tangerang Gelar Pelatihan KIM 2022

Samakan Persepsi, Diskominfo Kota Tangerang Gelar Pelatihan KIM 2022
Pelatihan KIM 2022 Diskominfo Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Dalam rangka peningkatan kapasitas Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) disetiap kelurahan di Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar kegiatan Pelatihan KIM tahun 2022 dengan Agenda Pelatihan Menuju KIM Festival Tangerang (KIMFest) 2022, yang berlangsung di Ruang Akhlakul Karimah, Jumat (7/10/2022).

 

Diketahui, Pelatihan KIM diikuti sederet anggota KIM se-Kota Tangerang dan ratusan mahasiswa yang tengah melakukan pendampingan KIM.

Dengan menghadirkan narasumber, Gun Gun Siswandi selaku Akademisi Universitas Esa Unggul dan Praktisi KIM. Wicaksono atau biasa dikenal Ndoro Kakung selaku Trainer Komunikasi dan Media Sosial san Dinar Sudianto selalu Konsultan Digital Marketing.

Kepala Bidang Desiminasi Informasi Komunikasi Publik (DIKP), Diskominfo, Yunita Virdianti menjelaskan pelatihan ini sebagai langkah menyamakan persepsi antara internal KIM dengan mahasiswa yang tengah bertugas melakukan pendampingan.

“Lewat materi yang dipaparkan seperti tugas dan fungsi KIM dalam pengelolaan informasi, sosial media untuk promosi wilayah serta bisnis digital untuk digitalisasi UMKM. KIM dan mahasiswa bisa lebih paham dan fokus dalam tugas dan fungsinya, sebagai partner pemerintah dalam penyebaran informasi di masyarakat,” papar,” Yunita.

Ia pun menjelaskan, pendampingan mahasiswa kepada 44 KIM di Kota Tangerang sudah berjalan sejak dua minggu lalu. Mahasiswa dan KIM sudah mulai berkolaborasi dan menganalisa wilayahnya masing-masing.

“Selanjutnya, akan mulai masuk ke tahap pembentukan program-program peningkatan kapasitas wilayah. Maka, lewat Pelatihan KIM ini program yang mereka susun diharapkan bisa lebih terarah sesuai tugas fungsinya,” kata Yunita.

Sementara itu, Gun Gun Siswandi salah seorang narasumber menjelaskan dalam pemaparannya KIM adalah simpul antara Pemerintah dengan masyarakat. KIM bertugas sebagai pengumpul, penyeleksi dan pertukaran atau penyalur informasi.

“Melihat antusias dan kekritisan KIM Kota Tangerang cukup bagus. Bagaimana anggota KIM dapat menjadi simpul antara pemerintah dengan masyarakat, menjadi KIM yang peka dengan lingkungan sehingga mampu menjadi penyalur informasi atau aspirasi ke masyarakat,” katanya.

Sebagai informasi, selain pelatihan KIM dan pendampingan lapangan oleh mahasiswa. Rangkaian KIM Festival vol 2, masih akan dilanjut dengan berbagai lomba-lomba, pameran serta penganugerahan hadiah sebagai acara puncak dari KIM Festival 2022 pada November mendatang.