Misi Kemanusiaan, PMI Kota Tangerang Beri Layanan Kesehatan di 6 Pos Lebaran 2023

Misi Kemanusiaan, PMI Kota Tangerang Beri Layanan Kesehatan di 6 Pos Lebaran 2023
Posko Kesehatan PMI Layani Berbagi Keluhan Kesehatan Pemudik Lintasi Kota Tangerang, Banten. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Posko Siaga Lebaran 2023 Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang membuka layanan kesehatan bagi pemudik sejak 16 April 2023 di 6 titik lokasi yang tersebar di Kota Tangerang, Banten.

Tercatat hinga hingga saat ini Jum’at (21/4/2023), Petugas yang berada di 6 posko ini sudah memberikan layanan kesehatan ke sebanyak 170 pemudik.

Noro Pringgo, koordinator lapangan PMI Kota Tangerang menyebutkan, pihaknya memberikan pemeriksaan kesehatan kepada pemudik yang sengaja berkunjung ke posko PMI untuk mendapatkan layanan kesehatan maupun keluhan selama perjalanan mudik.

“Posko kesehatan kami berada di sepanjang jalur utama lintasan mudik, termasuk di terminal keberangkatan, pemudik yang mampir untuk mendapatkan layanan kesehatan, bukan hanya itu melalui posko juga kita memberikan pelayanan rujukan dan lakalantas di jalur pemudik,” tuturnya.

Menurutnya, rata-rata mereka meminta untuk mengukur tekanan darah (tensi) dan selanjutnya petugas memberikan obat sesuai keluhan para pemudik.

Seperti diungkapkan petugas pelayanan PMI Kota Tangerang, Riza Dwi Rahma, umumnya pemudik yang diperiksa kesehatannya mengeluhkan sakit kepala, mual dan lemas selama perjalanan.

“Agar kembali sehat, kami tensi dan berikan obat sesuai keluhan pasien,” kata Riza.

Ditambahkan Ketua PMI Kota Tangerang Oman Djumansyah 6 posko yang didirikan PMI yakni di Pos Terminal Poris Plawad, Pos Batuceper, Pos Robinson, Pos Jatiuwung dan Pos Rest Area 13,5 dan juga pos Markas PMI.

Setiap posko, jelas Oman, buka mulai dari pukul 15.00 WIB hingga 23.00 WIB dan disiagakan 5 sampai 6 personel kesehatan, 3 mobil ambulans, 2 mobil jenazah serta 2 unit motor.

“Misi kemanusian ini untuk membantu warga, agar dapat mudik dengan aman, sehat dan nyaman,” ujarnya.