Lindungi Anak, Orang Tua dan Guru Dibekali Pencegahan Sexual Harassment

Lindungi Anak, Orang Tua dan Guru Dibekali Pencegahan Sexual Harassment
dr. Aisah Dahlan. Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Mencegah anak-anak menjadi korban pelecehan atau kekerasan seksual, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan menggelar sosialiasi pencegahan pelecehan atau kekerasan seksual pada anak di lingkungan sekolah.

Kegiatan dilakukan secara online melalui zoom meeting dan menghadirkan narasumber yaitu dr. Aisah Dahlan.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah pada pembukaan kegiatan menerangkan bahwa penting untuk terus mengembangkan wawasan orang tua guna mendorong tumbuh kembang anak di zaman sekarang.

“Zaman sekarang tentu berbeda dengan zaman saat kita mengenyam pendidikan, untuk itu kita selaku orang tua harus terus mengembangkan wawasan guna mendorong tumbuh kembang anak,” terang Arief.

Arief juga menjelaskan bahwa di era sosial media saat ini segala informasi berlimpah ruah, untuk itu penting mengajarkan anak agar bisa memilah dan memilih informasi yang baik dan buruk.

“Perlu menjadi perhatian bagi orang tua, karena sekarang di era sosial media segala informasi begitu berlimpah ruah,” ujar Arief.

“Untuk itu bagaimana tanpa pengawasan kita, anak-anak bisa dengan mandiri memilah mana yang baik dan buruk bagi dirinya,” tambah Arief.

Arief berharap dengan adanya webinar ini dapat menambah wawasan guna melindungi anak-anak dari permasalahan sosial seperti sexual harrasment dan lain sebagainya.

“Hari ini, kami laksanakan kegiatan parenting mencegah sexual harassment di lingkungan sekolah. Kami ingin memberikan pembekalan bagi para orang tua dan guru, sehingga dapat melindungi anak-anak kita dari sexual harassment. Untuk narasumber, kami menghadirkan dr. Aisah Dahlan,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan, Jamaluddin saat ditemui di ruangannya, Selasa (26/7/2022).

Jamaluddin melanjutkan, peserta sosialisasi kali ini yaitu mulai dari orang tua murid, guru-guru, hingga kepala sekolah dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Tangerang.

“Pesertanya mulai dari orang tua hingga kepala sekolah karena hal ini penting untuk melindungi anak-anak. Karena sudah banyak kasusnya di televisi dan media media lain terkait sexual harassment ini. Maka dari itu, kami melaksanakan ini untuk melakukan antisipasi dan pencegahan,” lanjutnya.

Ia berharap, dengan kegiatan ini Pemerintah Kota Tangerang mengantisipasi terjadinya sexual harassment yang mengincar anak-anak dan orang tua juga para guru diharapkan untuk waspada dengan adanya sexual harassment atau pelecehan seksual ini.

“Saya berharap kita semua, orang tua maupun guru untuk selalu waspada terhadap sexual harassment ini. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, kita dapat mengantisipasi dan semoga tidak terjadi di Kota Tangerang,” katanya.