Libur Akhir Tahun di kota Tangerang, Tingkat Hunian Kamar Hotel 80 Persen

Libur Akhir Tahun di kota Tangerang, Tingkat Hunian Kamar Hotel 80 Persen
Lobby Hotel Dipenuhi Tamu Menginap di Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Usai dua tahun meredup akibat dilanda pandemi Covid-19, hospitality industri atau perhotelan mulai bangkit kembali di Kota Akhlakul Karimah.

Tingkat keterisian kamar atau okupansi hotel di Kota Tangerang di Natal 2022 dan menjelang Tahun Baru 2023 menembus angka 70-80 persen.

Hal ini didorong dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level satu yang tidak membatasi kapasitas hunian kamar hotel.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Tangerang, Oman Jumansyah mengatakan, sangat bersyukur karena libur Nataru di tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

Sebab, kata dia tingkat hunian kamar hotel sudah hampir mendekati 80 persen, dibandingkan tahun lalu yang cukup sulit mencapai angka 50 persen.

“Walau Kota Tangerang tergolong tidak terlalu banyak destinasi liburannya. Dengan penawaran dan event yang dikonsep hotel-hotel pada malam pergantian tahun, langkah ini cukup mendorong ketertarikan masyarakat untuk menginap di hotel pada malam pergantian tahun. Terlebih mereka yang tidak suka dengan kemacetan,” ungkap Oman, Senin (26/12/2022).

Ia pun menyatakan, tamu hotel pada libur Nataru seperti saat ini tidak hanya warga Kota Tangerang maupun Tangerang Raya, namun tamu yang datang dari Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek).

“Ini masih lima hari lagi, semoga okupansi hotel di Kota Tangerang bisa diangka 90 persen. Pastinya, seluruh hotel di Kota Tangerang diimbau untuk meningkatkan pelayanan dengan penawaran yang menggiurkan untuk terus memutarkan kehidupan hotel di Kota Tangerang,” harapnya.

Tingkat hunian kamar hotel di Kota Tangerang pada libur Nataru yang telah mencapai 80 persen ini dibenarkan Hotel Golden Tulip Essential.

Salah satu hotel di Kota Tangerang bintang tiga yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, nomor 9, RT 06, RW 013, Kelurahan Sukasari, Kota Tangerang.

Executive Area Manager, Golden Tulip Essential, Andi Joenas mengungkapkan dari 257 unit kamar dengan empat tipe hitungan hari jelang pergantian tahun keterisian sudah 80 persen.

Bahkan, libur akhir tahun kali ini Hotel Golden Tulip Essential percaya diri seluruh kamar akan penuh.

“Luar biasa, tahun ini kita kembali pulih. Hampir penuh dengan tamu berbagai kalangan, mulai dari keluarga kecil, pasangan muda hingga keluarga besar juga ada. Tema tahun ini, New Year Eve Masquerade Party dengan Gala Dinner Nye 2023. Menghadirkan berbagai penampilan musik, cabaret, kids korner dengan konsep indoor. Rangkaian acara paket lengkap dan cocok semua kalangan, berhasil menarik perhatian para tamu,” jelas Andi.