Imigrasi Tangerang Gelar Operasi Jagratara dan Capaian Kinerja 2023

Imigrasi Tangerang Gelar Operasi Jagratara dan Capaian Kinerja 2023
Kantor Imigrasi Kelas 1 NON TPI Tangerang saat menggelar Konferensi pers, Jumat (29/12), dok Ist

TANGERANG, Pelitabanten.com – -Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang melaksanakan operasi. JAGRATARA. Pelaksanaan operasi dalam rangka pengawasan orang asing. Operasi dilaksanakan secara serentak di wilayah Kabupaten Tangerang pada Kamis (28/12/2023).

Operasi dengan sandi Jagratara dilaksanakan dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 serta Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

Kepala imigrasi Kabupaten Tangerang Rakha Sukma Purnama mengatakan, pemeriksaan dokumen terhadap orang asing menjadi fokus operasi. Dalam operasi ini semua dokumen tercatat lengkap dan tidak ada yang bermasalah.

Hal ini ungkap Rakha mencerminkan bahwa orang asing dan perusahaan yang mempekerjakan mematuhi peraturan keimigrasian yang berlaku.

Menurutnya keberhasilan operasi ini menjadi langkah positif dalam menjaga integritas keimigrasian dan memberikan keyakinan kepada masyarakat terkait pengawasan yang ketat dan profesional.

Selain itu jelas Rakha kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang juga melakukan refleksi capaian kinerja tahun 2023, Hasil statistik dan rekapitulasi kinerja yang di capai menunjukkan komitmen dan dedikasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai cerminan keberhasilan kantor ini dalam menjalankan fungsi fungsinya yang krusial.

“Untuk pelayanan paspor kami melayani sebanyak 134.417 permohonan paspor dari bulan Januari hingga Desember 2023. Angka terurai menjadi 54.379 permohonan paspor baru dan 80.038 permohonan paspor penggantian. Pelayanan yang cepat dan efisien menjadi fokus kami dalam menciptakan pengalaman positif bagi para pemohon,” terang Rakha. saat gelar Konferensi pers di halaman Kantor Imigrasi Kelas 1 NON TPI Tangerang, Jumat (29/12).

Sementara lanjut Rakha, surat permohonan izin tinggal bagi warganegara asing kantor imigrasi Tangerang juga melayani 12.230 permohonan izin tinggal selama tahun 2023. Rinciannya meliputi izin tinggal kunjungan sebanyak 1.511 permohonan, izin tinggal terbatas sebanyak 10.101 permohonan, dan izin tinggal tetap sebanyak 618 permohonan.

“Untuk permohonan Surat Keterangan Keimigrasian (SKIM) yang kami layani mencapai 44. Sementara layanan Imigrasi Melayani Tanpa Datang (IMTA) mencapai 5 permohonan, ini menunjukkan keberagaman pelayanan,” ujar Rakha Kepala imigrasi Tangerang.

Dalam upaya menjaga keamanan nasional, kantor Imigrasi Tangerang telah melakukan 440 pengawasan selama tahun 2023. Sebanyak 139 Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) diambil untuk menegakkan ketertiban dan aturan. Pelanggaran yang paling sering dilakukan berasal dari lima negara, yaitu China/RRT, Srilanka, Nigeria, Korea Selatan, dan Malaysia, dengan pelanggaran yang merujuk pada Pasal 75 dan Pasal 78 UU No. 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian.

“Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang berhasil melakukan penerimaan PNBP melebihi target sebesar 229, 6 dari target yang telah kami ditentukan. Hal ini menandakan kinerja organisasi yang berjalan dengan baik dan pengelolaan anggaran yang efektif,” ungkap Rakha.

Sedangkan untuk media sosial kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang mencatat peningkatan signifikan, dengan pertumbuhan followers di kanal Instagram dari 6.8 ribu hingga saat ini berjumlah 20.9 ribu followers dan publikasi sebanyak 1969 postingan sosial media selama tahun 2023. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang juga meraih 24 penghargaan atas dedikasinya dalam melayani masyarakat.

“Salah satunya penghargaan yang kami terima dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten untuk satuan kerja terbaik peringkat 1 dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dan terbaik peringkat ke 2 dalam pelaksanaan publikasi informasi melalui media sosial,” ujar Rakha.

Selain itu juga dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kantor imigrasi Tangerang dengan 4 pihak, yakni PT Bank Rakyat Indonesia, Tangcity Mall, Universitas Pelita Harapan (Immigration Corner), dan pada akhir tahun 2023 dengan Plaza Bintaro Jaya, ini menegaskan komitmen untuk menjalin kemitraan yang saling menguntungkan.

“Dengan capaian ini, Kami membuktikan komitmennya untuk memberikan pelayanan prima dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.