Kewenangan Pemprov Banten, Kota Tangerang Lakukan Penanganan Titik Banjir

Kewenangan Pemprov Banten, Kota Tangerang Lakukan Penanganan Titik Banjir
Pemkot Tangerang Lakukan Penanganan di Beberapa Titik Saluran Air di Jalan KH. Hasyim Ashari. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Libur lebaran hari ketiga, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah bersama Kabid Operasi dan Pemeliharaan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang Dodi meninjau beberapa titik yang terjadi banjir dan genangan jika terjadi hujan lebat.

Dalam tinjauannya, Wali Kota meninjau titik jalan yang terjadi genangan di Jalan Hasyim Ashari yang diketahui jalan dan saluran tersebut adalah kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

“Pemerintah Kota Tangerang sudah melakukan penanganan awal, dengan melakukan normalisasi dan pembersihan sampah yang ada di saluran tersebut,”

“Kami juga sudah bersurat ke Pemerintah Provinsi Banten untuk melakukan penanganan di area tersebut karena memang ranahnya mereka,” ujar Arief saat ditemui di Jalan Hasyim Ashari, Kelurahan Buaran Indah, Rabu (4/5/2022).

Selain itu, Arief juga meninjau saluran yang berada di Jalan Teuku Umar area Taman Wisata Cisadane yang juga terjadi genangan saat hujan lebat.

“Jadi di area itu ada saluran yang terpotong badan utilitas, masih sedang kami cari tahu itu utilitas apa, yang jelas mengganggu arus air, kami akan tegur kepada pemilik utilitasnya dan akan kami kasih jangka waktu sampai minggu depan, jika tidak ada tindakan akan kami bongkar agar air bisa melaju cepat ke sungai Cisadane,” jelas Arief

Lanjut dalam tinjauannya, Wali Kota juga meninjau saluran yang berada di jalan MH. Thamrin yang juga terjadi genangan jika terjadi hujan lebat.

“Sama dengan Jalan Hasyim Ashari, Jalan Thamrin juga kewenangan Pemerintah Provinsi Banten, tadi kami lihat ada beberapa saluran yang rubuh, untuk penanganan daruratnya sedang kami lakukan beberapa meter,”

“Kami harap Pemprov Banten bisa melanjutkan penanganan keseluruhannya agar saluran tersebut bisa maksimal menampung air guna meminimalisir genangan,” terang Wali Kota Tangerang

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang Dodi menambahkan bahwa pihaknya terus melakukan pemantauan dan pemeliharaan infrastruktur di Kota Tangerang.

“Kami terus lakukan pemeliharaan infrastruktur yang ada salah satunya pembersihan atau normalisasi saluran – saluran agar air bisa mengalir dengan cepat sehingga genangan cepat surut jika hujan lebat,” pungkas Dodi.