Inisiasi Disnaker, Pemkot Tangerang Luncurkan Mobil Si Praja

Inisiasi Disnaker, Pemkot Tangerang Luncurkan Mobil Si Praja
Peluncuran Mobil si Praja Disnaker Kota Tangerang. Senin (20/2). Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang meluncurkan program terbaru mobil Pelatihan Praktek Kerja (Si Praja) yang diinisiasi oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang.

Mobil Si Praja merupakan mobil pelatihan keterampilan yang menyasar langsung pada masyarakat di berbagai wilayah. Di mana masyarakat dapat langsung mengajukan permohonan pelatihan kepada Pemkot melalui Disnaker.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, saat meresmikan operasional mobil Si Praja, menyampaikan, kehadiran mobil tersebut untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat dalam berwirausaha.

“Agar masyarakat tidak hanya mencari pekerjaan, tapi bisa kreatif dan mandiri dengan berwirausaha,” ungkap Arief saat meresmikan Mobil Si Praja di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (20/2/2023).

Arief, menambahkan, beroperasinya mobil Si Praja menjadi langkah lanjutan yang ditempuh oleh Pemkot Tangerang untuk mengatasi permasalahan pengangguran, setelah sebelumnya secara rutin menggelar pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) yang tersebar di 13 kecamatan.

“Sekarang dikembangkan untuk jemput bola agar masyarakat dengan komunitasnya bisa langsung datang dan ikut pelatihan, sehingga bisa lebih efektif dan efisien, karena pelatihan yang diberi sesuai dengan kebutuhan,” tutur wali kota.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Ujang Hendra Gunawan, secara rinci menjelaskan, pihaknya menyiapkan sebanyak dua unit mobil Si Praja dengan total program pelatihan sebanyak 44 program.

“20 kegiatan berbasis kompetensi dan 24 kegiatan pelatihan yang berbasis kewirausahaan,” tutup Ujang.