Cuaca Ekstrem Banyak Nyamuk, Cegah DBD Ini Imbauan Dinkes Kota Tangerang

Cuaca Ekstrem Banyak Nyamuk, Cegah DBD Ini Imbauan Dinkes Kota Tangerang
Nyamuk Aedes Aegypti Penyebab Demam Berdarah. Foto Pelitabanten.com (Istimewa)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Indonesia sedang memasuki fenomena El Nino. Dampak dari El Nino salah satunya adalah meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), karena nyamuk akan semakin mudah berkembang biak saat berada di suhu yang lebih hangat.

Dan diketahui, penyakit demam berdarah ini disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Maka dari itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan mengimbau masyarakat Kota Tangerang siaga dalam pencegahan DBD.

“Fenomena El Nino ini bukan hanya memberikan dampak cuaca kemarau, tetapi juga meningkatkan potensi kasus DBD khususnya pada anak-anak. Nyamuk DBD ini berkembang lebih cepat dan lebih mudah di suhu yang lebih hangat atau di atas 30 derajat celsius,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan, dr. Dini Anggraeni, Selasa (22/8/2023).

Ia melanjutkan, ada berbagai cara pencegahan yang dapat dilakukan agar terhindar dari DBD. Di antaranya adalah dengan menguras atau membersihkan tempat penampungan air selama satu kali dalam seminggu untuk membasmi telur nyamuk.

Lalu, menutup rapat tempat penampungan air dan tempat-tempat lain yang dapat menampung air hujan seperti sumur atau lubang di pohon besar.

“Lakukan daur ulang atau manfaatkan barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk seperti kaleng, botol, bambu, ban bekas dan semacamnya. Jangan lupa untuk memantau tempat bertelurnya nyamuk seperti bak mandi, atau tempat-tempat penampungan air hujan lainnya. Pastikan juga memakai lotion anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, dan pastikan menggunakan pakaian tertutup terutama untuk anak-anak,” lanjutnya.

dr. Dini mengimbau, apabila masyarakat Kota Tangerang memiliki gejala DBD seperti demam yang cepat naik dan turun, bintik-bintik merah pada kulit agar segera mendatangi fasilitas layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan tindakan.

Kepada Masyarakat juga diimbau untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai upaya menjaga kesehatan.

“Mari kita sama-sama menjaga kesehatan dan kebersihan dengan menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, penyakit apapun termasuk DBD dapat dicegah dengan pola hidup yang baik. Pastikan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan olahraga sesuai dengan kebutuhan untuk menjaga kesehatan kita bersama,” imbaunya.