Cegah Kenakalan Remaja, Kapolres Ingatkan Orangtua Melek Tekhnologi

Cegah Kenakalan Remaja, Kapolres Ingatkan Orangtua Melek Tekhnologi
Jumat Curhat di Kampung Markisa Kapolres Metro Tangerang Kota Ingatkan Orang Tua Tak Gagap Teknologi. Jumat (23/6). Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho melaksanakan kegiatan Jumat Curhat dalam rangkaian Pelayanan “Bulan Bakti Polri Presisi” di wilayah hukum Polsek Karawaci. Jumat (23/6/2023). bertempat di Kampung Markisa, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Karawaci, kota Tangerang.

Menjawab pertanyaan salah seorang ibu saat Jum’at curhat terkait penggunaan media sosial yang kerap digunakan remaja untuk janjian tawuran maupun konten-konten yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Kapolres mengingatkan orang tua untuk melek teknologi alias tidak gaptek atau gagap tekhnologi terhadap perkembangan jaman.

“Sebagai orangtua kita wajib mengetahui isi dari media sosial di ponsel anak, bapak dan ibu harus tau bagaimana penggunaan Instagram, Facebook maupun tiktok, karena saat kita (polisi) amankan dari ponsel anak-anak remaja tersebut janjian tawurannya di medsos dan konten dewasa,” kata Zain menjelaskan.

Ia mengungkapkan, saat ini ada polisi RW sehingga diharapkan dapat membantu Kamtibmas di lingkungan tingkat RT dan RW. Kapolres meminta lingkungan memiliki terobosan dalam menjaga pengaruh luar ataupun kejahatan masuk ke gang-gang pemukiman warga.

“Diharapkan RT/RW membuat akses masuk lingkungan menjadi 1 pintu, guna mencegah aksi kriminalitas dan dengan satu pintu, tentunya dapat memonitor keluar masuknya warga asing,” ujarnya.

Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) misalnya, sambung Zain, dalam hitungan detik pelaku curanmor beraksi, dan berhasil mencuri kendaraan warga. penggunanya kunci ganda saat memarkir kendaraan dapat digunakan guna mencegah pencurian.

“Lingkungan buatlah berbagai kegiatan positif seperti pengajian, olah raga, edukasi dan penyuluhan, pencegahan itu lebih baik dari pada terdapat kejadian,” tuturnya.

Polisi tidak dapat bekerja sendiri, perlu sinergitas dengan lingkungan terkecil, terlebih saat ini memasuki tahun politik 2023 menuju Pileg, Pilpres maupun Pileg 2024. Jaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia khususnya di Kota Tangerang.

“Perbedaan pendapat, perbedaan calon legislatif, calon Presiden maupun calon kepala daerah jangan sampai memecah belah persatuan dan kesatuan, mari sama-sama kita jaga Kondusifitas wilayah,” harapnya.

Selanjutnya usai kegiatan Jumat curhat tersebut dilakukan penyerahan bantuan bingkisan sembako bagi warga setempat dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 yang bertema ‘Polri Presisi untuk Negeri’ diakhiri dengan sesi foto warga bersama Kapolres, Kapolsek Karawaci Kompol Taufan Setia Prawira dan para PJU Polres Metro Tangerang Kota.