Aleg PKS Dukung Pemprov Banten Selesaikan PR dari BPK

Aleg PKS Dukung Pemprov Banten Selesaikan PR dari BPK
Teuku Muhammad Zacky, anggota DPRD Provinsi Banten dari Fraksi PKS, (dok ist)

SERANG, Pelitabanten.com – Teuku Muhammad Zacky, anggota DPRD Provinsi Banten dari Fraksi PKS, telah menyampaikan komitmennya untuk mendukung Pemerintah Provinsi Banten dalam menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) sebanyak 299 yang dihadapi saat ini. Zacky juga mengajak seluruh anggota DPRD untuk bersama-sama bekerja dalam mengatasi masalah ini. Menurutnya, sinergi antara eksekutif dan legislatif sangat penting dalam mencapai solusi yang baik dan berkelanjutan.

Zacky mengakui bahwa Pemprov Banten telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak tujuh kali berturut-turut dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), namun temuan BPK sebanyak 15 poin menunjukkan adanya tantangan yang harus segera diatasi. Ia menekankan pentingnya penindakan cepat terhadap temuan-temuan tersebut untuk mencegah kerugian daerah lebih lanjut dan memastikan pengelolaan keuangan yang transparan dan efisien.

“Saya mendukung langkah BPK dalam mendorong Pemprov Banten untuk menyelesaikan temuan-temuan tersebut dalam waktu yang ditentukan. Penting bagi pemerintah daerah untuk memastikan bahwa masalah-masalah ini diselesaikan dengan tepat dan bertanggung jawab demi kebaikan dan kesejahteraan masyarakat Banten,” ungkap Zacky dalam keterangannya di Serang, Sabtu (24/6/2023).

Dalam upaya menyelesaikan PR tersebut, Zacky mengajak seluruh anggota DPRD untuk bekerja secara bersama-sama dengan pemerintah provinsi. Ia meyakini bahwa sinergi antara eksekutif dan legislatif akan memberikan hasil yang lebih baik dalam menemukan solusi terbaik untuk masalah ini. Menurutnya, kerjasama yang erat antara kedua lembaga tersebut adalah kunci dalam mencapai keberhasilan dan kemajuan bagi Provinsi Banten.

Zacky juga mengingatkan bahwa tingkat penyelesaian temuan sebesar 82% yang telah dilakukan oleh Pemprov Banten merupakan prestasi yang patut diapresiasi. Namun, ia berharap agar target tersebut dapat ditingkatkan menjadi di atas 90% guna meningkatkan tata kelola keuangan daerah dan memastikan penggunaan anggaran yang efisien.

Dalam penutup pernyataannya, Zacky menekankan bahwa sebagai wakil rakyat, ia akan terus memantau perkembangan penyelesaian PR ini dan berkomitmen untuk memastikan bahwa pemerintah daerah bertanggung jawab dalam menindaklanjuti rekomendasi BPK. Sinergi antara eksekutif dan legislatif, menurutnya, adalah kunci untuk mengatasi tantangan ini dan mencapai hasil yang positif bagi masyarakat Banten.