1.117 Personil Gabungan Amankan Idul Adha 2023 di Tangerang, Ini Fokusnya

1.117 Personil Gabungan Amankan Idul Adha 2023 di Tangerang, Ini Fokusnya
Apel Gelar Pasukan Pengamanan Idul Adha 1444 Hijriah Polres Metro Tangerang Kota. Rabu (28/6). Foto Pelitabanten.com
ADVERTISEMENT

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya menggelar apel kesiapan pengamanan perayaan hari raya Idul Adha 1444 Hijriah Tahun 2023. Rabu, (28/6/2023) sore.

Ada 1.117 personil gabungan terdiri dari personil Polres Metro Tangerang Kota 842 dan TNI, Satpol PP, Dishub Kota Tangerang, Senkom, Pokdarkamtibmas sebanyak 275 personil disiagakan dalam pengamanan ini.

“Pengecekan dilakukan terhadap kesiapan personil, sarana¬† prasarana termasuk menyamakan cara bertindak di lapangan pada saat pengamanan mulai malam ini hingga esok hari,,” ujar Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho dalam keterangannya. Rabu (28/6).

ADVERTISEMENT

Pengamanan akan difokuskan pada beberapa kegiatan, mulai dari malam takbiran, seperti sudah diinformasikan masyarakat lebih disarankan untuk melaksanakan takbir di masjid dan mushola lingkungan terdekat, tidak disarankan untuk takbir keliling.

“Sejak awal masyarakat sudah kita himbau untuk tidak takbir keliling, Silahkan melaksanakan takbir di Masjid-masjid maupun Musholla masing-masing,” katanya

Selanjutnya, pengamanan juga akan dilakukan pada lokasi-lokasi keramaian seperti alun-alun, taman-taman elektrik dan tematik, pusat perbelanjaan dan mall. petugas akan disebar diberbagai titik, baik berpakaian dinas maupun berpakaian biasa.

“Besok pagi, Kamis, (29/6) pengamanan dilakukan di masjid-masjid dan lapangan yang akan digunakan untuk pelaksanaan shalat Ied. Ada 168 masjid yang akan melaksanakan shalat Idul Adha di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota, kami juga mengantisipasi pelaku kejahatan yang memanfaatkan situasi terhadap kendaraan jamaah dan barang bawaan jamaah shalat Idul Adha,” Jelas Kapolres.

Zain juga menerangkan, pihaknya telah memberikan imbauan kepada panitia-panitia kurban untuk dapat mengantisipasi potensi penumpukan warga pada saat pembagian daging kurban, hingga tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

“Imbauan sudah dilakukan, kupon daging kurban dilakukan jauh-jauh hari, agar tidak terjadi dorong-dorongan antar warga. bagusnya distribusi secara langsung ke titik-titik yang sudah ditentukan,” tandasnya.

ADVERTISEMENT