Ini Dia Penampakan Nasi Segambreng, Kuliner Baru Khas Kota Tangerang

Ini Dia Penampakan Nasi Segambreng, Kuliner Baru Khas Kota Tangerang
Nasi Segambreng

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Bertepatan dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-50. Pemerintah Kota Tangerang bersama TP PKK Kota Tangerang melaunching nasi khas Kota Tangerang, yaitu Nasi Segambreng, di Plaza Puspem Kota Tangerang, Senin (6/6/2022).

Ketua TP PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah mengungkapkan Nasi Segambreng merupakan nasi khas Kota Tangerang dengan lauk pauk yang berasal dari 13 Kecamatan di Kota Tangerang. Diantaranya, nasi telang dari Kecamatan Karawaci, sayur jantung pisang dari Cipondoh, ikan mujaer dari Cibodas, telur semur dari Kecamatan Ciledug dan beragam lauk lainnya.

“Ini menjadi gambaran keanekaragaman dalam kebersamaan Kota Tangerang. Seperti halnya, masyarakat Kota Tangerang yang heterogen namun hidup rukun dan tentram,” ungkap Aini.

Ia pun menjelaskan, setelah dilaunching resep Nasi Segambreng akan disebar ke PKK 13 Kecamatan. Tak hanya resep, namun proses atau cara pengolahan juga akan dilatih. Sehingga, Nasi Segambreng menjadi nasi khas Kota Tangerang yang ikonik.

“Kedepannya, PKK akan menyuarakan Nasi Segambreng ini secara masif. Bagaimana Nasi Segambreng bisa menjadi nasi hantaran diberbagai acara, bahkan menjadi nasi yang selalu ada di setiap acara di Kota Tangerang,” imbaunya.

Sebagai informasi, selain Nasi Segambreng 13 Kecamatan juga meluncurkan nasi khas kecamatannya masing-masing. Diantaranya, Nasi Banjir Periuk atau Sibaper, Nasdun Jati dari Jatiuwung, Nasi Buntel dari Kecamatan Tangerang, Nasgor Durasiku dari Karang Tengah dan nasi khas kecamatan lainnya.