Beranda Politik Pilkada Usai Deklarasi, Rano-Embay Resmi Daftar Pilgub Banten

Usai Deklarasi, Rano-Embay Resmi Daftar Pilgub Banten

132
BAGIKAN
Usai Deklarasi, Rano-Embay Resmi Daftar Pilgub Banten
Pasangan Rano-Embay deklarasikan diri sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten di Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang. Jumat (23/9/2016)

Serang, Pelitabanten.comUsai Deklarasi, Rano-Embay Resmi Daftar Pilgub Banten. Pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarief mendeklarasikan diri untuk maju sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten untuk periode 2017-2022. Deklarasi Rano-Embay didukung penuh oleh tiga partai pengusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Baca juga :  Wahidin Halim Jalin Silaturahmi dengan Ratusan Guru TK di Kota Tangerang

Menurut Rano, ada beberapa alasan mengapa PDI Perjuangan memilih Embay Mulya Syarief untuk mendampingi dirinya.

“Pertimbangan kenapa Pak Embay, ada yang harus kita pahami. PDIP ini harus berkoalisi. Kita sudah berkoalisi dengan PPP dan NasDem. Sebagai partai kita tidak sendiri, calon wakil harus diputuskan melalui persetujuan koalisi,” kata calon petahana, Rano Karno saat deklarasi di Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang. Jumat (23/9/2016)

Lebih lanjut, Rano menjelaskan bahwa dirinya telah menemukan figur yang bisa membantu dirinya ketika kembali terpilih memimpin Banten.

“Kenapa Pak Embay, agar PPP bisa mendampingi. Sebetulnya dari awal jika mengetahaui Pak Haji Embay saya tidak terlalu lama langsung saya jawab. Ini mungkin dinamika politik. Saya ingin dibantu birokrat, Pak Embay bilang bersedia mengisi bagian itu,” kata Rano Karno.

Sementara itu, Embay Mulya Syarief menjelaskan, salah satu faktor yang kuat mendorong dirinya maju di Pilgub Banten 2017 mendampingi Rano Karno, yakni kawan dan sahabat yang dahulu pernah bersama bareng memperjuangkan pembentukan provinsi Banten.

“Mudah-mudahan saya bisa saling mengisi dengan pak Rano. Yang jelas karena Provinsi Banten wilayah yang majemuk, semua latar belakang masyarakat ada, maka kami adalah perpaduan kaum Anshor (Penduduk Asli Banten) dan Muhajirin (Penduduk Pendatang),” kata Embay.

Dalam pernyataan deklarasi yang dipimpin oleh Ketua DPW PPP Banten, Agus Setiawan, tiga Parpol atas dasar kesamaan pandangan, terhadap misi kebangsaan nasional regilius, sepakat mengusung Rano-Embay.

“Ikatan gabungan parpol ini sebagai upaya menjaga kedaulatan politik, dan berpegang teguh terhadap Ideologi Pancasila UUD 1945 kebinekaan dan dalam bingkai NKRI,” kata Agus.

Usai deklarasi, pasangan Rano-Embay melanjutkan pendaftaran diri sebagai kontestan Pilgub 2017 ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banten.

Rano-Embay yang tiba di kantor KPUD Banten sekitar pukul 15.00 WIB langsung disambut oleh Ketua KPUD Banten Agus Supriyatna dan komisioner lainnya.

Baca juga :  Gus Salam Didukung Kader Lintas Wilayah Sebagai Ketua GP Ansor

“Setelah menerima penyerahan berkas pendaftaran ini kemudian akan diverifikasi oleh kita yaitu berkas untuk pencalonan, yaitu syarat partai politik yang minimal 17 kursi DPRD,” kata Agus Supriyatna

Hingga kini KPUD Banten masih memeriksa semua persyaratan pasangan calon. KPUD telah menetapkan bahwa tes kesehatan pasangan calon pada 24 September hingga 26 September 2016 di RS Drajatprawiranegara Kota Serang.

BAGIKAN