Beranda Peristiwa Banten Senjata Api Hilang, Sejumlah Lapas Di Tangerang Dijaga Ketat

Senjata Api Hilang, Sejumlah Lapas Di Tangerang Dijaga Ketat

403
BAGIKAN
Senjata Api Hilang, Sejumlah Lapas Di Tangerang Dijaga Ketat
Foto: Istimewa

TANGERANG, Pelitabanten.com – Kantor Wilayah kemenkumham Provinsi Banten memperketat pengawasan dan penjagaan di setiap lapas Kota Tangerang Khususnya Lapas Klas I Tangerang terkait hilangnya sembilan senjata api dari tempat tersebut beberapa waktu lalu.

Diberitakan sebelumnya, hilangnya sembilan senjata api ini pertama kali dikemukakan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti pada 23 Januari 2016.

Dikatakannya, sembilan senjata api tersebut disita dari seorang teroris yang berperan sebagai penyedia senjata bernama Ronal alias Alfa yang ditangkap pada 22 Januari 2016.

Menurut pengakuan Ronal, sembilan senpi tersebut berasal dari Lapas Klas I Tangerang.

“Hari dimana diumumkan bahwa sembilan senpi tersebut hilang, kami langsung lakukan razia menyeluruh. Semua Lapas di Provinsi Banteb sudah kami sisir. Penjagaan juga kami perketat,” jelas Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten Susi Susylawati, Selasa (26/1/2016).

Susi mengatakan, dari hasil razia kemarin, tidak ditemukan adanya senjata lain yang hilang dari Lapas mana pun

“Jadi hanya sembilan senpi dari Lapas Klas I Tangerang saja yang hilang. Sisanya tidak ada sama sekali. Ini yang sedang ditelusuri, bagaimana senjata-senjata itu bisa keluar dan sampai ke tangan teroris,” kata Susi.

Walau tidak menurunkan petugas tambahan ke tiap Lapas, Susi menuturkan, pihaknya hingga kini masih melakukan pembinaan kepada seluruh petugas Lapas.

“Kami lebih memberikan penyuluhan kepada para petugas lapas, khususnya ke petugas Lapas Klas I Tangerang yang kami anggap bertanggung jawab atas terjadinya kasus ini,” ungkapnya.

Terkait lima teroris tahanan Lapas Klas I Tangerang yang sekitar dua pekan lalu dijemput Densus 88 Anti Teror Mabes Polri, Susi mengatakan sampai sekarang pihaknya juga belum mendapat kabar lebih lanjut perihal maksud dan tujuan penjemputan itu.

Baca juga :  Harlah Bung Karno ke-115, Kita Harus Lanjutkan Amanat Trisakti

“Densus 88 sama sekali tidak bicara apapun sampai sekarang. Mungkin untuk kepentingan penyidikan. Kami sendiri masih menunggu koordinasi lebih lanjut dari yang bersangkutan, ” kata Susi.

Untuk diketahui, kelima narapidana teroris yang dijemput pada tanggal 16 Januari lalu bernama Agung Prasetyo, Khoribul Mujid, Induroh, Jaenudin, dan Emirat Berlian Nusantara

Berikut data 9 Senpi yang berhasil dicuri dari gudang Lapas Tangerang;

  1. Pistol Bernadelli kaliber 3,2 mm ada 7 pucuk dengan kode register 147770, 147778, 150640, 147779, 150646, 150648 dan 151137.
  2. Colt kaliber 3.8 mm ada 1 pucuk dengan register 125908
  3. P3A kaliber 3,2 mm 1 pucuk nomor register AB.Q 100817

Selain itu ada 125 butir peluru atau amunisi kaliber 3,2 mm yang ikut hilang dari gudang Lapas Tangerang.

BAGIKAN