Beranda Budaya Sambil Bermalam Minggu di Alun-alun Rangkasbitung, Bupati Lebak Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Sambil Bermalam Minggu di Alun-alun Rangkasbitung, Bupati Lebak Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

384
BAGIKAN
Sambil Bermalam Minggu di Alun-alun Rangkasbitung, Bupati Lebak Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat mendatangi alun-alun Rangkasbitung pada malam Minggu (9/4/2016)

RANGKASBITUNG, Pelitabanten.com – Suasana Alun-alun Rangkasbitung pada setiap malam Minggu selalu dipadati masyarakat Kabupaten Lebak, untuk bersantai, mencari hiburan malam bersama keluarga dan muda mudi yang melakukan berbagai aktifitas. Alun-alun Rangkasbitung menjadi magnet tersendiri tempat berkumpulnya masyarakat sekitar.

Namun, pada sabtu malam (9/4/2016) para pengunjung Alun-alun Rangkasbitung, dikagetkan dengan kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Lebak, Iti Octavia Jayabaya. Pasalnya, kedatangan Bupati Lebak ke lokasi tersebut untuk mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan dari kebersihan dan menjaga keasrian Kota Rangkasbitung. Tak tanggung-tanggung, Iti Octavia yang mengenakan kaos lengan panjang berwarna putih dengan ditemani ajudan, mengambil sampah yang berserakan di sekitar Alun-alun Rangkasbitung dan membuangnya ke tempat sampah.

Melihat aksi tersebut, spontan saja para pengunjung yang didominasi kaum remaja dan pemuda-pemudi itu ikut membersihkan sampah sepanjang Alun-alun. Dan dalam sekejap, sampah-sampah yang terdiri dari bekas makanan ringan dan jajanan jalanan bersih total dan kesadaran masyarakat akan kebersihan mulai terbangun.

“Hanya sebagai bukti bahwa Sabtu malam sebenarnya bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan positif. Salah satunya memungut sampah yang berserakan dan membuangnya ke tempat yang sudah disediakan,” kata Iti Octavia, Rangkasbitung, Sabtu (9/4/2016)

Menurut Iti Octavia, di bawah kepemimpinannnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak tengah menggalakan  kebersihan dan mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan.

“Jadi, masyarakat yang datang ke Alun-alun atau ke tempat-tempat lain sebenarnya bisa mengisi waktu kosongnya untuk peduli terhadap lingkungan. Misalnya, lagi nongkrong terus liat sampah di jalan, kan bisa diambil terus dibuang ke tempat sampah,” ujarnya.

Alun-alun Rangkasbitung setiap malam minggunya selalu dipadati para pengunjung yang datang dari berbagai desa di Kabupaten Lebak. Permainan hiburan dan berbagai menu kuliner jajanan jalanan tersedia di alun-alun Rangkasbitung. Mulai dari Becak Cinta, Odong-odong, dan permainan rakyat lainnya, serta kuliner khas rangkasbitung disajikan di sekitar alun-alun.

Baca juga :  WH-Andika dan Rano-Embay Jalani Tes Kesehatan di Rumah Sakit Dradjat Prawiranegara

Bupati Lebak, Iti Octavia tidak hanya mengunjungi Alun-alun Rangkasbitung semata, ia juga meninjau dua tempat yang biasa dipadati warga Lebak, di antaranya Balong Ranca Lentah dan Pasar Rangkasbitung. Di lokasi tersebut Iti Octavia juga mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan

“Saya harap masyarakat bisa ikut serta bersama-sama kami (Pemkab-red) menjaga lingkungan sekitar agar tetap asri dan bersih,” harapnya.