STIH Painan Gelar PKM di Cipondoh Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Painan (STIH PAINAN) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) salah satunya di kelurahan Cipondoh Makmur (Cimak), kecamatan Cipondoh, kota Tangerang, Kamis (21/7/22). Kegiatan edukasi kepada masyarakat bertajuk PKM itu dibagi menjadi 2 kelompok dengan keahlian materi yang berbeda.

Kelompok 7 dengan Dosen Ayu Larasati, Yanti Kirana, Yunawati Karlina dan Yurike Candra M, memberikan materi Perlindungan Hukum Terhadap Anak Sebagai Korban Kekerasan Seksual. Dan kelompok 9 yakni Dosen Fitri Ida laela, Siti Nurwulan, Fitri Yanti, Sari Dewi dan Syitha memberikan materi Kemudahan Berusaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kebijakan Pemerintah, Regulasi, dan Perkembangannya.

Wakil Ketua 1 STIH Painan, Hendrik Fasco Siregar, menjelaskan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari STIH Painan merupakan kegiatan internal yang dilakukan dalam rangka untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi diantaranya adalah pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Adapun kegiatan PKM ini memang kita lakukan setiap satu semester dan ini merupakan kegiatan yang langsung dibina oleh STIH Painan. Selain dari kelompok ini juga ada yang lain lagi, di kelurahan Cipondoh juga ada yang melakukan PKM, jadi sebenarnya gold dari pada pelaksanaan ini, nanti para Dosen ini untuk kepentingan pengisian didalam Beban Kerja Dosen (BKD) dan Laporan Kinerja Dosen (LKD),” terangnya.

Wakil Ketua 1 STIH Painan, Hendrik Fasco Siregar, SH,S.S, M.H (Kedua Kanan) saat menyerahkan piagam sertifikat ke peserta Pengabdian Kepada Masyarakat.
Wakil Ketua 1 STIH Painan, Hendrik Fasco Siregar, SH,S.S, M.H (Kedua Kanan) saat menyerahkan piagam sertifikat ke peserta Pengabdian Kepada Masyarakat.

Setelah itu, sambung Hendrik, nantinya melalui PKM kinerja Dosen akan dinilai, terutama yang paling penting dari pelaksnaan PKM tersebut adalah bagaimana para Dosen memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan bagi masyarakat, sebagai mana tadi sudah disampaikan materi edukasi oleh beberapa Dosen yang aktual yang ada di masyarakat.

“Dan mitra kita kali ini adalah keluarahan Cipondoh Makmur jadi kita juga sudah melakukan sosialisasi dan sebagai nya. Dan Alhamdulillah tadi kita melihat sudah sangat dinasmis sekali, pertanyaan – pertanyaan yang disampaikan para audiens kepada para dosen kemudian dijelaskan secara gamblang yang mudah dimengerti, dan mudah – mudahan para audiens juga mendapat pemahaman yang cukup baik apa yang disampaiakan oleh para dosen,” imbuhnya.

Hendrik menambahkan, setelah kegiatan PKM juga akan melakukan MoU antara pihak kelurahan dengan STIH Painan agar kegiatan feedback tersebut tidak hanya sesaat melainkan berkesinambungan.

“Nantinya mungkin untuk semester selanjutnya teman – teman dosen juga bila ada yang akan mengadakan PKM silahkan disini, yang akan mengadakan riset silahkan disni. Seperti contoh tadi masalah – masalah kegiatan rumah tangga untuk dijadikan bahan riset nanti bisa dilakukan disini serta dalam bidang pendidikan juga mungkin dari orang tua ada yang anaknya ingin belajar hukum nanti dapat dimudahkan untuk mendapatkan informasi untuk sekolah di STIH Painan,” tuturnya.

Hendrik berharap, Pengabdian kepada masyarakat tersebut harus terus dilanjutkan, karena merupakan program yang sangat penting bagi Sekolah Tinggi.

“Kenapa penting, karena ini adalah tuntutan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, begitu juga bagi masyarakat dan bagi mitra ini sangat penting sekali dan ini merupakan salah satu kerjasama yang baik antara Birokrat dan Akademisi. Ini merupakan sinergi yang cukup baik kalau misalanya terus dilanjutkan, jadi harapan kita agar kegiatan ini yang memberikan manfaat kepada masyarakat itu agar terus dilanjutkan,” demikian Hendrik.

Sementara itu, Lurah Cipondoh Makmur H. Asad Nasrulloh mengapresiasi kegiatan PKM yang dilaksanakan STIH PAINAN. Edukasi yang diberikan kepada masyarakatnya sangat luar biasa.

“Ini sungguh luar biasa manfaatnya untuk masyarakat kami terkait dengan hukum, terkait dengan UMKM ini menjadi sebuah ilmu yang bermanfaat bagi pelaku UMKM maupun dalam kehidupan berkeluarga,” tuturnya.

Asad menambahkan, masyarakatnya sebenarnya adalah pekerja yang pastinya sibuk dengan waktu, tapi karena bobot nya ada untuk masyarakat sehingga bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari – hari, baik dalam di rumah tangga maupun dalam bisnis maka di sempatkanlah waktu untuk itu.

“Yang pertama, kami ucapkan terima kasih kepada Dosen – dosen yang telah memilih kelurahan Cipondoh Makmur ini menjadi tempat untuk PKM. terima kasih sekali lagi kepada jajaran STIH Painan,” imbuhnya.

Menurut Asad, dengan pembinaan tersebut apa yang di dapat walaupun hanya sesaat akan menjadi bekal untuk masyarakat dalam kehidupan sehari – hari

“Terus kembangkan ilmu yang sudah di dapat, Insya Allah bermanfaat sekecil apapun ilmu yang didapat insya allah kalau kita amalkan bisa menjadi berkah,” pungkasnya.