Pustakawan Poltekkes Banten Raih Juara 1 Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Lebak Tahun 2023

Pustakawan Poltekkes Banten Raih Juara 1 Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Lebak Tahun 2023
Ki-ka: Peggi Aquarianty dan Lista Faujiah, Inovator Bunga Literasi Poltekes Kemenkes Banten (Foto: Istimewa)

LEBAK, Pelitabanten.com – Pustakawan Poltekkes Kemenkes Banten ditetapkan sebagai juara 1 Lomba Inovasi Daerah (LINDA) tahun 2023 kategori umum Kabupaten Lebak. Dalam rangka menciptakan budaya kreatifitas dan inovasi daerah, pemerintah Kabupaten Lebak melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) telah menggelar Lomba Inovasi Daerah (LINDA) 2023. LINDA dikategorikan menjadi 3 kategori, diantaranya Kategori Perangkat Daerah, Kategori Kecamatan dan Kelurahan serta Kategori Umum. Kegiatan LINDA dilakukan mulai dari tahap pendaftaran pada 20 Januari s.d. 20 Februari 2023, tahap penjurian pada 7 s.d. 8 Maret 2023, tahap penilaian lapangan pada 9 s.d. 10 Maret 2023 serta Pengumuman pemenang dalam acara Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Daerah Kab. Lebak tahun 2024 pada 28 Maret 2023.

Dalam pelaksanaannya terdapat 55 inovator yang terdiri dari 29 unsur perangkat daerah, 6 unsur kecamatan/kelurahan dan 20 unsur umum mengikuti ajang LINDA 2023.

“Alhamdulillah pada LINDA 2023 Pustakwan Poltekkes Kemenkes Banten raih juara 1 kategori unsur umum. Sesuai dengan nama inovasinya Bunga Literasi untuk meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat, semoga inovasi ini mampu meningkatkan literasi masyarakat Kabupaten Lebak,” kata Kepala Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Banten Yayah Rokayah, M. Kes., Selasa (28/3/2023).

Tim juri dari kegiatan LINDA 2023 berasal dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Lembaga Administrasi Negara (LAN) serta Guru Besar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).

“Bunga Literasi bertujuan untuk menyediakan sumber informasi mutakhir sebagai bahan bacaan masyarakat. Bunga Literasi memiliki desain yang sangat unik sehingga merangsang masyarakat untuk mau membaca artikel yang ada pada QR Code Bunga Literasi,” ungkap Lista Faujiah sebagai inovator Bunga Literasi.

“Bunga Literasi merupakan inovasi yang diciptakan dengan menggunakan teknologi dan bahan-bahan sederhana, sehingga lembaga atau pihak lain dapat dengan mudah mereplikasi untuk penyediaan bahan bacaan di ruang-ruang publik agar meningkatkan minat dan budaya baca masyarkat. Hal ini beriringan dengan instruksi Bupati Lebak tentang penyediaan bahan bacaan di ruang publik Kabupaten Lebak,” ujar Kepala Unit Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Banten Peggi Aquarianty.

Kegiatan LINDA 2023 diapresiasi oleh berbagai pihak karena mampu memberikan motivasi kepada perangkat daerah dan masyarakat untuk dapat menuangkan ide atau gagasan inovasi dalam rangka meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, peningkatan pelayanan publik, serta pemberdayaan masyarakat.