Perusahaan Apa Saja yang Menerima Lulusan Teknik Mesin?

Perusahaan Apa Saja yang Menerima Lulusan Teknik Mesin?
Ilustrasi (ISTIMEWA)

Pelitabanten.com – Seperti yang kita tahu bahwa dalam dunia perguruan tinggi ada yang ‘mengelompokkan’ jurusan ke umum dan khusus. Jurusan umum yang sering diperebutkan contohnya seperti akuntansi hingga kedokteran.

Sedangkan jurusan khusus biasanya ditempati anak teknik tak terkecuali teknik mesin. Jurusan yang diimpikan remaja laki-laki ini adalah pendidikan dengan peluang karir yang cukup menjanjikan di masa mendatang. Maka dari itu, Anda bisa mempersiapkan diri dengan mendapatkan berbagai informasi, termasuk juga menyusun CV yang baik. Klik situs ini untuk mengecek contoh CV teknik mesin yang berkualitas.

Apa itu Jurusan Teknik Mesin?

Jurusan teknik mesin merupakan suatu ilmu yang mempelajari fisika dasar untuk menganalisis hingga merancang suatu sistem mekanis. Selama beberapa tahun kuliah, Anda akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam proses desain mesin.

Pengetahuan ini akan selalu disempurnakan agar dapat menghasilkan mesin yang efisien dan efektif dengan keterampilan diri sendiri. Anda pun akan mempelajari bagaimana teknik menggambar hingga cara membuat prototipe mesin.

Perusahaan Apa Saja yang Menerima Sarjana Teknik Mesin?

Apabila Anda telah memahami bagaimana gambaran sekilas mengenai dunia pendidikan teknik mesin di atas, kini Anda akan mendapatkan gambaran lain tentang dunia karir lulusan teknik mesin.

Tentu saja gambaran ini begitu penting untuk masa depan Anda nantinya, jadi pastikan untuk membacanya dengan cermat. Berikut ini merupakan beberapa perusahaan yang biasanya membuka lowongan untuk insinyur mesin, yakni:

  •     Biasa menempatkan karyawannya di luar negeri yakni Malaysia, PT Bahtera Pesat Lintasbuana biasanya menerima lulusan D3 Teknik Mesin Arus Kuat, tetapi yang lulusan SMK juga bisa apply. Waktu kontrak di perusahaan ini sekitar satu tahun dengan besar gaji menyentuh tujuh juta rupiah.
  •     Perusahaan yang sering membutuhkan profesional teknisi HVAC adalah PT Metalindo Prima Engineering. Besaran gaji di atas lima juta akan Anda dapatkan bila Anda bekerja di sini.
  •     Bila Anda seorang Plant Inspector di industri minyak maka PT Kota Minyak Internusa akan cocok untuk Anda apalagi gaji yang ditawarkan di atas lima juta.
  •     Lowongan kerja untuk product specialist Gearbox dari perusahan PT SLS Bearindo selalu dinanti oleh banyak lulusan teknik mesin. Apalagi, Anda pun akan memperoleh macam-macam tunjangan selain gaji UMR (di atas 5 juta) di sini.

Seperti Apa Peluang Karir Lulusan Teknik Mesin?

Berikut ini merupakan beberapa peluang karir yang cocok untuk lulusan teknik mesin.

1. Guru atau Dosen

Jadi seorang guru atau dosen di perguruan tinggi adalah prospek karir pertama yang bisa Anda dapatkan saat lulus.

Dapat dipastikan kalau prospek kerjanya sangat bagus. Apalagi bagi Anda yang memang sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan S2 setelah menyelesaikan S1.

Mengenai besar kecilnya gaji yang Anda terima itu semua tergantung pada kampus tempat Anda mengajar. Tentu saja, jika kampusnya cukup bergengsi, gajinya bisa menembus  7 juta.

2. Perancang Mesin

Desain dan konstruksi merupakan salah satu ilmu praktik yang akan Anda temukan dalam ilmu teknik mesin.

Dari gambar model, proses pemilihan material hingga proses manufaktur, Anda pun akan tahu cara mendesain mesin.

Jika Anda merasa sangat nyaman mendesain sebuah mesin maka perspektif karir ini akan sangat besar gajinya yakni di atas 5 juta.

3. Mekanik Industri Otomotif

Seperti yang kita tahu bahwa industri otomotif ialah area yang sangat dekat dengan mesin. Bila masyarakat ditanya tentang teknik mesin, sebagian besar dari pola pikiran mereka akan berhubungan langsung dengan dunia otomotif.

Maka dari itulah ada banyak sekali perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif, seperti ASTRA yang menawarkan peluang karir bagus untuk lulusan teknik mesin.

Soal gaji, kalau masih muda, gajinya mungkin tak terlalu tinggi, yakni hanya sekitar 4 juta. Namun, jika Anda telah memiliki banyak jam terbang, gaji yang Anda dapatkan mungkin akan lebih tinggi dari waktu ke waktu.

4. Konsultan

Berkarir sebagai konsultan di bidang teknik sepertinya bukan hal yang sulit bagi lulusan teknik mesin. Dengan begitu, karir yang Anda bangun secara mandiri dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan lebih menggiurkan.

Misalnya, jika ada kerusakan pada mesin tetapi karyawan perusahaan saat ini tidak dapat menanganinya, perusahaan akan selalu meminta konsultan untuk menemukan masalah pada mesin tersebut.

5. Kerja di Tambang

Lulusan teknik mesin kerja di pertambangan? Tentu saja bisa. Sebab dalam dunia tambang pengoperasian mesin sudah pasti cukup banyak.

Dalam hal ini, perusahaan sangat membutuhkan mekanik untuk memastikan kinerja tetap tidak terganggu. Gajinya juga lumayan besar, bisa melebihi 6 juta rupiah tanpa ditambah tunjangan lainnya.

6. Kerja di Perminyakan

Seperti halnya pertambangan, industri perminyakan akan selalu membutuhkan pengerjaan mesin yang perlu dimaksimalkan, sehingga dibutuhkan tenaga ahli yang berkompeten di bidang mesin.

Demikianlah pembahasan mengenai perusahaan apa saja yang menerima lulusan teknik mesin. Pada dasarnya, lulusan teknik sangat dibutuhkan di negeri ini maka dari itu lowongan akan selalu banyak terlepas perusahaan mana saja yang membuka lokernya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Pemerhati dan penikmat musik, bergabung dengan Pelita Banten pada tahun 2017 sebagai Jurnalis