Kenapa Pilih Sekolah Swasta? Berikut Keunggulan dan Bantuan Pemkot Tangerang

Kenapa Pilih Sekolah Swasta? Berikut Keunggulan dan Bantuan Pemkot Tangerang
Sekolah Swasta. Foto Pelitabanten.com (Istimewa)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Pemerataan pendidikan sudah dilakukan Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan, sehingga seluruh anak di Kota Tangerang memiliki kesempatan dan hak yang sama, untuk mendapat pendidikan di sekolah.

Demi menunjang mutu pendidikan, beberapa bantuan diberikan oleh Pemerintah Kota Tangerang demi membantu siswa kurang mampu secara ekonomi yang berkesempatan belajar di sekolah – sekolah swasta yang tersebar di Kota Tangerang.

Kepala Bidang SMP, Eni Nurhaeni mengatakan ada sederet program yang dihadirkan oleh Pemerintah daerah untuk membantu para siswa/siswi yang kurang mampu di sekolah swasta.

“Beberapa program yang kami siapkan yaitu biaya uang pangkal, Bantuan Operasional Pendidikan (BOP), dan Tangerang Cerdas. Semua diberikan bagi warga yang kurang mampu. Nanti, semua akan diverifikasi kembali di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” ungkapnya

Kepala Sekolah SMP Dharma Siswa, Mislidar menyatakan bahwa sekolahnya menerima bantuan-bantuan tersebut dan siswa tidak perlu membayar untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya.

“Jadi, dari Rp 1 juta kita hanya ambil Rp 200 ribu untuk biaya perawatan gedung. Sisanya, dialihkan untuk seragam, LKS, penilaian tengah dan akhir semester,” jelasnya.

Sebagian besar orang tua, memilih sekolah juga berdasarkan akreditasi. SMP Dharma Siswa sendiri dan sudah memiliki akreditasi A.

“Alhamdulillah kami juga sudah mendapatkan akreditasi A dan mudah – mudahan dapat mempertahankannya. Untuk sarana dan prasarana. Di sini kami sudah memiliki dua lab komputer,” pungkas Mislidar.

Sama disampaikan Kepala Sekolah SMP Nurul Hikmah, Siti Nur’aini mengatakan di sekolahnya sudah tidak ada biaya yang dibebankan ke pada siswa. Biaya yang diberikan SMP Nurul Hikmah untuk pendaftaran sebesar Rp 595 ribu.

“Jadi, karena ada bantuan dari Pemkot Tangerang terkait uang pangkal sebesar Rp 1 juta, sisa dari uang pangkal tersebut kami alihkan untuk tiga seragam, LKS, dan buku paket serta operasional lainnya,” paparnya.

Seperti juga SMP Dharma Siswa, SMP Nurul Hikmah pun sudah berakreditasi A dan memiliki beberapa fasilitas yang mendukung para siswa untuk belajar.

“Kami sudah memiliki lab komputer, lab IPA, dan beberapa ekstrakurikuler yang mendukung kegiatan siswa. Seperti paskibra, futsal, dan lainnya. Untuk prestasi kita pernah menjuarai pencak silat, futsal, dan saman,” katanya.

Salah satu orang tua siswa, Dewi Anggraeni bersyukur anaknya mendapatkan bantuan pendidikan dari Pemkot Tangerang. Ia berharap, bantuan seperti ini terus berlanjut.

“Alhamdulillah, saya merasa terbantu dengan adanya bantuan ini. Ada bantuan uang pangkal, BOP, beasiswa dan lain-lain. SMP Dharma Siswa juga sudah bagus untuk fasilitas-fasilitasnya. Mudah-mudahan bisa dapat bantuan ini sampai anak saya lulus nanti,” harapnya.

Hal senada diungkapkan oleh Komariah, dengan banyaknya anak yang ia miliki, bantuan seperti ini meringankan pengeluaran yang bisa dialihkan ke hal lain.

“Semoga anak-anak saya ini bisa dapat bantuan juga karena akan disekolahkan di SMP Nurul Hikmah ini semuanya. Fasilitasnya juga bagus dan tidak kalah dengan sekolah swasta,” tutupnya.