Beranda Budaya Pemuda Desa Cirarab Berharap Hari Lahir Pancasila Menjadi Hari Libur Nasional

Pemuda Desa Cirarab Berharap Hari Lahir Pancasila Menjadi Hari Libur Nasional

422
BAGIKAN
Pemuda Desa Cirarab Berharap Hari Lahir Pancasila Menjadi Hari Libur Nasional
Pemuda Desa Cirarab dan KNPI Kecamatan Legok bersama Kepala Desa Cirarab Hj Imas Rayulathifah dalam acara memperingari Hari Lahir Pancasila di Desa Cirarab, Sabtu (28/5/2016)

LEGOK, Pelitabanten.com – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang ke-71 pada tanggal 1 Juni 2016, Relawan Masyarakat Desa Cirarab bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Legok dan Posraya Indonesia serta Karang Taruna Desa Cirarab, menggelar serangkaian kegiatan dan acara menyambut hari kelahiran Pancasila. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyemangati pemuda agar selalu tertanam jiwa patriotisme dan cinta tanah air, dan selalu menjaga warisan nilai-nilai pancasila yang terkandung di dalamnya.

Semangat pancasila sakti tersebut diungkapkan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Gustomi, yang saat itu tengah sibuk mengatur acara Hari Kelahiran Pancasila di Desa Cirarab, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Sabtu (28/5/2016)

“Kegiatan ini untuk menyambut hari Kelahiran Pancasila, agar para pemuda memiliki semangat tulus untuk cinta tanah air, cinta budaya dan dapat mengamalkan lima sila dari pancasila”, tegas Gustomi atau biasa dipanggil Tomi di Desa Cirarab, Legok, Sabtu (28/5/2016).

Hari Kelahiran Pancasila yang digelar sejumlah pemuda ini mengusung tema “Berdaulat, Berdikari, Berbudaya” berpusat di panggung utama di lapangan Endang Debus, Desa Cirarab, dengan menghadirkan beberapa pertunjukan seni budaya tradisional mulai dari pencak silat, tari cukik, tari saman, atraksi barongsai dan paduan suara. Tidak hanya itu, panitia juga mengadakan acara santunan kepada anak-anak yatim piatu di daerah sekitar.

“Dari beberapa atraksi dan pementasan seni tradisional, kami juga melakukan kegiatan santunan yatim piatu, sebagai wujud bahwa pemuda juga peduli kepada mereka, dan kami ingin memberikan yang terbaik untuk kampung kami”, jelas Tomi

Di sela-sela sambutannya, Tomi juga berharap agar moment penting dan bersejarah hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni ini, dapat direspon oleh Pemerintah menjadi hari libur nasional.

Baca juga :  Kepala Desa Cirarab Galang Pemuda dan PT LG Elektronik Bangun Lingkungan Bersih dan Asri

Sementara itu, Kepala Desa Cirarab, Hj. Imas Rayulatifah yang ikut hadir memeriahkan acara Hari Kelahiran Pancasila di Desa Cirarab, sangat mengapresiasi kegiatan pemuda agar tumbuh semangat nasionalisme dan cinta terhadap tanah air, seni dan budaya, serta selalu menjunjung tinggi nilai kebersamaan antar pemuda.

“Saya ikut senang ikut menghadiri acara ini. Acara ini bagus, para remaja dan pemuda aktif menjaga seni dan budaya dengan pementasan yang gemilang. Saya selalu mensupport kegiatan pemuda untuk selalu aktif dan memberikan kontribusi yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan negeri ini”, tegas Hj. Imas Rayulatifah

Acara yang berlangsung meriah tersebut dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi Banten, Muhlis SH, anggota DPRD Kabupaten Tangerang, HM Supriyadi, Ketua Relawan Masyarakat Cirarab, Erwin Sanusi, dan utusan dari Mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) serta sejumlah pemuda dari Desa Ciangir, Desa Babat dan Desa Caringin.

BAGIKAN