Beranda Peristiwa Banten Pawai Ta’aruf Sambut Pembukaan MTQ Kota Cilegon 2016

Pawai Ta’aruf Sambut Pembukaan MTQ Kota Cilegon 2016

697
BAGIKAN
Pawai Ta’aruf Sambut Pembukaan MTQ Kota Cilegon 2016
Foto: Istimewa

CILEGON, Pelitabanten.com – Masyarakat dan pemerintah Kota Cilegon menggelar pawai ta’aruf sebagai tanda berlangsungnya kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-15 tingkat Kota Cilegon, yang diselenggarakan di Kecamatan Ciwandan, Senin (15/2/2016).

Kemeriahan pawai ta’aruf begitu terasa begitu khidmat di masyarakat dengan menampilkan kendaraan mobil hias yang bertemakan Al-Qur’an ini. Pawai tersebut dimulai dari depan kantor Walikota Cilegon dan berakhir di Rumah Dinas Walikota, tepatnya di masjid Agung Nurul Ikhlas, Cilegon. Dan menjadi kafilah pertama adalah utusan dari kecamatan Grogol sebagai juara umum MTQ tahun lalu, dan dilanjutkan kafilah kecamatan Ciwandan sebagai Tuan rumah MTQ ke-15, yang berlangsung pada 15-19 februari 2016.

Suyitno selaku Penjabat Walikota Cilegon mengatakan MTQ pada kalini diharapkan tidak hanya dijadikan acara seremonial semata, namun harus dijadikan momentum untuk mencintai Al-Qur’an.

“Event MTQ ini harus dijadikan momentum untuk meningkatkan kecintaan kita kepada Al-qur’an, dan menjadikan kota Cilegon sebagai kota yang relijius,” ujarnya.

Dalam pawai ta’aruf tersebut, kabid Seni dan Budaya pada Dinas Kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) Cilegon, Heni Anita Susila menjelaskan, pawai ta’aruf tidak hanya sebagai seremonial untuk membuka acara saja, namun juga memiliki penilaian yang berarti oleh tim juri dari Disbudpar.

“Penilaian ini merupakan agenda rutin dan masuk dalam salah satu kategori lomba MTQ, kriterianya akan dilihat dari jumlah peserta pawai dan jumlah kendaraan hias yang ikut. Selain itu, kesesuaian tema MTQ dan nilai estetika menjadi salah satu unsur dalam penilaian,” terang Heni.

Baca juga :  Pipa Pabrik Kimia Meledak Di dalam Tanah
BAGIKAN