Tips Memilih Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Tips Memilih Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Ilustrasi (ISTIMEWA)

Pelitabanten.com – Banyaknya manfaat dan keuntungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi di Indonesia dengan produk asuransi yang ditawarkan, menjadikan sebagian besar masyarakat merasa tertarik membeli produk asuransi yang sesuai kebutuhan, seperti halnya asuransi mobil.

Apalagi, dengan asuransi ini dinilai dapat memberikan manfaat atas kerugian finansial terhadap hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Namun, sebelum memutuskan membeli produk asuransi mobil, ada baiknya Anda untuk tahu lebih dulu dalam memilih perusahaan asuransi terbaik dan terpercaya berikut ini.

Yaitu akan membahas tips cara memilih perusahaan asuransi mobil terpercaya dan alasan pentingnya memiliki asuransi mobil.

Mari kita ketahui penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Cara Memilih Perusahaan Asuransi Mobil yang Tepat

Pada dasarnya, perusahaan asuransi sendiri merupakan suatu penyedia layanan yang memberikan jasa pertanggungan risiko yang mana memberikan penggantian atas terjadinya kerugian, kerusakan dan berbagai biaya yang timbul karena hal-hal tertentu.

Mengingat perusahaan asuransi ini dinilai penting dalam membantu nasabah mengelola premi asuransi yang dibayarkan setiap bulannya, maka dari itu dalam hal ini penting untuk lebih jeli dan cermat dalam memilih perusahaan asuransi.

Sebab dengan memilih perusahaan asuransi yang tepat, maka hal ini akan membuat Anda tidak merasa kecewa dan bahkan akan terhindar dari masalah kerugian finansial yang disebabkan karena penipuan.

Untuk memilih perusahaan asuransi mobil yang tepat di sini, Anda tidak hanya memperhatikan mengenai produk-produk asuransi yang ditawarkan.

Akan tetapi, di sini Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal penting di antaranya sebagai berikut :

  • Pilih perusahaan asuransi yang memiliki kekuatan finansial yang sehat dan harus terdaftar dan berizin resmi di pihak lembaga terkait seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan).
  • Selalu pastikan bahwa perusahaan asuransi mobil yang dipilih memiliki tingkat RBC (Risk Based Capital) / tingkat keamanan finansial yang tinggi.
  • Sebelum mempercayakan pembelian produk asuransi di perusahaan yang dipilih, pastikan cari tahu informasi sebanyak – banyaknya mengenai perusahaan asuransi tersebut. Informasi ini bisa berupa kapan perusahaan asuransi tersebut didirikan, bagaimana visi & misi perusahaan, bagaimana reputasi & kredibilitas perusahaan asuransi dan berbagai hal penting lainnya.
  • Cek lebih detail mengenai cakupan perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut.
  • Pastikan memilih perusahaan asuransi mobil yang menawarkan premi dengan harga terjangkau dan manfaat yang berkualitas.
  • Pastikan memilih perusahaan asuransi yang menyediakan penawaran akses kemudahan dalam berasuransi. Di antaranya yakni seperti pembayaran tagihan secara online, pelaporan klaim secara online sampai dengan sistem layanan yang tersedia selama 24 jam tanpa batas.

Alasan Kenapa Anda Perlu Membeli Asuransi Mobil

Membeli kendaraan seperti halnya mobil tentu menjadi salah satu kebahagiaan tersendiri bagi kebanyakan orang atas hasil kerja keras yang dilakukan selama ini, bukan?

Namun, tahukah Anda, bahwa membeli mobil harus ekstra memberikan perlindungan agar kendaraan tersebut tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti lecet, penyok dan lain-lain karena kejadian yang tidak disengaja.

Oleh karena itu, sebagai solusinya perlu menggunakan yang namanya asuransi mobil. Umumnya, asuransi mobil sendiri merupakan suatu produk asuransi yang memberikan manfaat proteksi finansial dari perusahaan asuransi tertentu berupa ganti rugi jika sewaktu-waktu terjadi risiko kerusakan atau kehilangan pada kendaraan yang dimiliki seseorang.

Dalam hal ini kerugian yang ditanggung perusahaan asuransi yakni berupa kerusakan total seperti hilang akibat pencurian sampai dengan kerusakan ringan seperti lecet atau penyok.

Produk asuransi mobil sendiri dibedakan menjadi dua jenis yakni asuransi mobil All Risk (pertanggungan atas segala jenis kerusakan) dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO) (pertanggungan biaya atas kerusakan total saja dengan biaya klaim lebih dari atau sama dengan 75% dari harga mobil.

Dari perbedaan kedua asuransi mobil di atas, premi asuransi mobil All Risk dinilai jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan asuransi mobil TLO. Meski demikian, kedua asuransi mobil tersebut sama-sama penting dimiliki pemilik mobil lantaran beberapa alasan sebagai berikut :

  • Memperoleh biaya pertanggungan untuk service mobil secara rutin atau kerusakan akibat kecelakaan mobil.
  • Mendapatkan uang ganti rugi atas risiko kerugian bahkan risiko kehilangan akibat tindakan pencurian.
  • Memberikan jaminan kondisi mobil jauh lebih terawat karena adanya biaya perbaikan atas kerusakan-kerusakan yang ditanggung perusahaan asuransi.

Dari penjelasan mengenai tips cara memilih perusahaan asuransi mobil paling bagus dan alasan pentingnya asuransi mobil, Anda bisa mempercayakan beberapa perusahaan asuransi mobil di Indonesia seperti di perusahaan Sinar Mas, ACA, AXA, Mandiri, Allianz dan berbagai perusahaan asuransi mobil lainnya.

Demikian ulasannya, semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin melindungi kendaraan kesayangan dengan asuransi mobil!

Pemerhati dan penikmat musik, bergabung dengan Pelita Banten pada tahun 2017 sebagai Jurnalis