4 Tips Membeli Mobil Secara Cash Agar Keuangan Tetap Terjaga

Membeli Mobil Secara Cash Agar Keuangan Tetap Terjaga
ILUSTRASI (Istimewa)

Pelitabanten.com – Bagi sebagian orang, membeli mobil secara cash bukan hal mudah karena harus banyak menabung. Karena itu, bagi mereka yang ingin membeli kendaraan secara tunai, butuh tips membeli mobil baru secara cash agar keuangan tetap terjaga.

Sebagian orang mendambakan memiliki mobil secara cash karena tak ingin membayar biaya yang jauh lebih tinggi atau hidup terus-terusan dibayangi utang.

Namun, tak mudah untuk mewujudkannya. Karena itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membeli mobil secara cash agar keuangan tetap terjaga.

Karena itu, Duitpintar.com sebagai pialang asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, memberikan berbagai tips yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil baru secara cash agar keuangan tetap terjaga.

Sebelum mengetahuinya, mari Anda pahami dulu pentingnya memiliki proteksi terbaik untuk kendaraan yang dibeli.

Asuransi mobil sebelum membeli mobil baru secara cash

Umumnya, saat Anda membeli mobil baru secara cash adalah tidak dilindungi oleh asuransi mobil.

Agar pencapaian Anda mengumpulkan uang yang tidak sedikit gak sia-sia, jangan lupa proteksi keuangan dengan membeli asuransi mobil. Pembelian mobil berikut asuransinya cuma berlaku dalam metode pembayaran secara kredit.

Seperti diketahui, aasuransi mobil terdiri dari dua yaitu asuransi Mobil All Risk dan asuransi Mobil TLO (Total Loss Only).

Asuransi All Risk memberi penggantian biaya atau menjamin semua jenis risiko (ringan maupun berat) hingga risiko kehilangan kendaraan.

Sementara asuransi TLO memberi jaminan kalau kendaraan hilang akibat pencurian dan terjadi kerusakan yang nilai perbaikannya ≥ 75 persen harga kendaraan saat itu.

Setelah memahami pentingnya memproteksi kendaraan dengan asuransi mobil, maka Anda bisa mengetahui tips membeli mobil secara cash agar keuangan aman.

Tips membeli mobil baru secara cash

Agar keputusan membeli mobil baru tidak berakibat fatal terhadap keuangan, tentu saja ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan.

Sebelum memiliki mobil, tentu saja Anda harus memastikan apakah hal itu merupakan kebutuhan atau sekadar hanya keinginan.

Sebab, meskipun mobil adalah sebuah aset, nilai kendaraan roda empat terus mengalami depresiasi di masa yang akan datang.

Karena itu, pastikan keputusan Anda membeli mobil berdasarkan kebutuhan, bukan hanya sekadar menginginkannya.

Kalau memang punya mobil merupakan kebutuhan dan harus dibeli secara cash, berikut ini tips membeli kendaraan secara cash:

1. Sisihkan 50 persen dari penghasilan setiap bulannya

Menyisihkan 50 persen dari penghasilan bisa membantu Anda membeli mobil secara cash.

Caranya, sisihkan Rp10 juta tiap bulannya untuk ditabung sebagai modal membeli mobil.

Untuk menyisihkan Rp10 juta per bulan memang bukan perkara mudah jika gaji Anda belum Rp20 juta.

Karena itu, jika penghasilan Anda belum Rp20 juta sebulan, maka saatnya mencari pekerjaan tambahan yang akan memberi Anda penghasilan sebesar tersebut.

2. Sisihkan Rp3 juta setiap bulannya

Cara lain yang bisa dilakukan adalah, menyisihkan penghasilan per bulan sebanyak Rp3 juta. Menabung Rp3 juta per bulan bisa mewujudkan impian membeli mobil baru asalkan Anda sabar menyisihkannya selama tiga tahun lebih.

Selain sabar menyisihkan Rp3 juta per bulan, Anda juga tidak boleh mengambil KPR atau kredit lainnya selama tiga tahun lebih. Pasalnya, Rp3 juta itu adalah uang yang disisihkan sebesar 30 persen dari penghasilan bulanan.

3. Sisihkan Rp1 juta setiap bulan

Cara lainnya yang lebih mudah untuk mengumpulkan uang membeli mobil baru secara cash adalah menyisihkan Rp1 juta per bulan.

Dengan menabung sebesar Rp1 juta per bulan, Anda membutuhkan waktu selama 10 tahun.

Itu berarti, jika usia Anda saat ini 25 tahun, berarti baru bisa punya mobil di usia 35 tahun. Dalam hal ini, Anda harus menghitung inflasinya ya!

4. Jual aset 

Cara lain yang paling jitu untuk segera membeli mobil secara cash adalah menjual beberapa aset warisan, seperti tanah atau rumah yang dimiliki.

Dengan catatan, bukan menjual rumah yang saat ini ditempati. Melainkan, menjual aset tanah ataupun bangunan yang selama ini tidak terurus.

Sebelum menjual, cari tahu dulu harga jual tanah atau bangunan dengan menggunakan NJOP sebagai dasar perhitungan.

Misalnya, aset-aset yang dijual tidak tembus Rp100 jutaan, maka Anda harus bersabar menunggu nilai jualnya naik.

Itulah tadi beberapa tips membeli mobil baru secara cash agar keuangan tetap terjaga. (rls/ar)

Pemerhati dan penikmat musik, bergabung dengan Pelita Banten pada tahun 2017 sebagai Jurnalis