Mengenal Tiga Saudara Tangerang

Ilustrasi (Indra Tyo/Pexels)

Pelitabanten.com – Sering sesekali saya bertemu dengan orang baru yang datang dari wilayah lain di Indonesia dan bertanya kepada mereka : Apakah kamu tahu apa itu Tangerang? Banyak dari mereka yang hanya sekedar tahu apa itu Tangerang, tanpa mengetahui potensi apa didalamnya.

Tangerang memang bukan wilayah yang besar, terbagi menjadi tiga bagian setiap bagiannya memiliki keunggulan yang hampir sama namun berbeda. Sama-sama menaung kota industri namun berbeda kondisi.

Kabupaten Tangerang terletak dipinggir laut, wilayah terpinggir Tangerang ini memiliki wilayah hijau yang lebih banyak dari dua saudaranya, dibanding hiruk pikuk ruwet dua saudaranya, Kabupaten Tangerang masih memiliki keasrian alam yang luas. Wilayah yang sangat cocok untuk Anda yang menyukai alam asri namun masih dalam perkotaan.

Kota Tangerang Selatan merupakan wilayah Tangerang termaju dibanding dua lainnya, high end industry mungkin cocok mendeskripsikan kota ini. Hampir sama seperti Jakarta, hampir seluruh bagian Tangsel digunakan untuk kegiatan bisnis.

Banyak sekali gedung-gedung pencakar langit dengan desain modern yang membuat kita berasa dikota modern setiap kali berkunjung. Tangsel memiliki satu wilayah yang disebut BSD, mengusung konsep kota masa depan, BSD menjadi salah satu aspek keberhasilan majunya Tangerang Selatan.

Didalamnya terdapat perumahan-perumahan mewah yang dihuni oleh masyarakat kalangan atas, mall yang besar dan lengkap, arena-arena luas dan besar untuk berbagai kegiatan massive, dan area-area luas untuk berbagai macam kebutuhan. Sangat cocok apabila anda menyukai kehidupan kota yang ramai dan serba ada.

Dan dibagian wilayah terakhir adalah Kota Tangerang, si anak tengah. Kota Tangerang terkenal karena menjadi pusat pabrik barang-barang terkenal yang mungkin saja ada dirumah anda, apapun barangnya, Tangerang punya pabriknya.

Sepatu, telefon genggam, baterai aki, handuk hingga coklat Kota Tangerang tempatnya. Kota Tangerang disebut anak tengah karena Kota Tangerang memiliki sedikit “aspek” yang dimiliki kedua saudaranya. Kota Tangerang memiliki beberapa gedung pencakar langit (meskipun tidak sebanyak Tangerang Selatan) dan juga memiliki banyak wilayah penghijauan (meski tak seluas Kabupaten Tangerang).

Jika Anda berpergian kepusat Kota Tangerang, anda akan menemukan berbagai macam taman dengan konsep yang unik, menarik dan instagrammable. Taman Gajah, Taman Bambu, Taman Potret, Taman Skating hingga Taman Burung. Jarak dari taman satu ketaman lainnya tidak begitu jauh, jika Anda memiliki energi lebih Anda dapat menelusuri taman dengan berjalan. Kota Tangerang sangat cocok bagi Anda yang menyukai kehidupan kota yang tidak terlalu mewah.

Setelah mengetahui lebih dalam tentang kota-kota di Tangerang, manakah yang menurut Anda cocok untuk Anda kunjungi? Atau untuk Anda huni?

Mei Devi RiskiandaPenulis: Mei Devi Riskianda (Mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti jurusan S1 Hospitaliti dan Pariwisata pada tahun 2019)

Pemerhati dan penikmat musik, bergabung dengan Pelita Banten pada tahun 2017 sebagai Jurnalis