Wali Kota Kabarkan Titik Api Lewat Udara Gunakan Helikopter Water Boombing

Wali Kota Kabarkan Titik Api Lewat Udara Gunakan Helikopter Water Boombing
Pantauan Titik Api Lewat Udara, Optimalkan Pemetaan Penyiraman Gunakan Helikopter Water Boombing di TPA Rawa Kucing Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Hari ke-4, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mulai mengerahkan helikopter water bombing sebagai langkah lanjutan guna mempercepat proses pemadaman TPA Rawa Kucing.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, didampingi Sekretaris Daerah, Herman Suwarman, bersama Komandan Korem (Danrem), Brigjend TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, melakukan pantauan melalui udara menggunakan helikopter BNPB meninjau sekaligus memetakan potensi-potensi titik api.

“Memasuki hari ke-4 ini sudah terpantau berkurang ya, berkat upaya dan kerja keras dari tim gabungan serta kolaborasi juga dengan Kementerian LHK, BNPB dan TNI-Polri. Akan kita upayakan terus hingga tuntas,” tutur Wali Kota.

“Hasil pantauan udara tadi terlihat untuk yang di sebelah selatan itu asapnya sangat pekat, untuk api sudah tidak terlihat. karena asap putihnya sangat pekat jadi kemungkinan api yang ada di bawah sampah yang harus mulai kita tangani,” imbuhnya.

Maka itu, Wali Kota meminta kepada tim gabungan penanganan kebakaran beserta jajaran agar dapat menyiapkan akses untuk alat berat serta kendaraan pemadam agar dapat menjangkau ke titik-titik api.

“Untuk menyisir dan menyasar langsung ke titik-titik api terutama yang ada di bawah sekam,” Katanya.

Lebih lanjut, Arief, mengatakan untuk  mengoptimalkan upaya pemetaan api yang ada di dalam tumpukan sampah diperlukan alat khusus untuk mendeteksi suhu panas bumi atau geo thermal.

“Untuk api yang ada di dalam ini perlu di mapping menggunakan drone geo thermal, kita akan coba upayakan untuk kerja sama atau pinjam selain tentunya akan ada helikopter water bombing tambahan dari BNPB,” terangnya.

Arief, menambahkan, kolaborasi dengan berbagai pihak terutama Pemerintah Pusat juga akan terus diupayakan guna mengoptimalkan penanganan kebakaran yang terjadi di TPA Rawa Kucing.

“Selain bantuan berupa alat, kami bersama Kodim Kota Tangerang juga sedang mengupayakan kolaborasi dengan Kodim Kota Solo untuk mendatangkan tenaga-tenaga ahli yang sudah berpengalaman menangani kebakaran yang kemarin terjadi juga di TPA Putri Cempo. Intinya kita akan terus ikhtiar dan upayakan dengan berbagai macam cara agar musibah kebakaran di TPA Rawa Kucing ini dapat segera teratasi dan tuntas,” pungkas Wali Kota.