Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat, Benyamin Resmikan TBM Perbas

Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat, Benyamin Resmikan TBM Perbas
Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie saat meresmikan Taman Baca Masyarakat (TBM) Perbas yang berlokasi di Rawa Buntu(dok ist),

TANGERANG SELATAN, Pelitabanten.com  – Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie meresmikan Taman Baca Masyarakat (TBM) Perbas yang berlokasi di Rawa Buntu, Serpong, pada Minggu (06/11).

Benyamin mengatakan TBM hadir untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat baca di tengah masyarakat. Tak hanya itu, dengan adanya taman baca masyarakat ini, tentunya diharapkan budaya literasi semakin tumbuh di masyarakat.

“127 TBM yang tersebar di Tangerang Selatan diharapkan bisa meningkatkan angka melek huruf Tangerang Selatan,” kata Benyamin.

Untuk itu, sinergi bersama Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga diperlukan, dalam meningkatkan pemberantasan buta huruf Al-Quran.

“Jika diperlukan, itu nanti kita bisa hadirkan untuk mengajar di TBM Perbas ini,” tambah Benyamin.

Dia berharap, TBM Perbas juga menjadi tempat kreatif bagi warga sekitar. Tidak hanya ruang membaca, juga dihadirkan pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan bahkan berdampak pada ekonomi warga sekitar.

“Ketika orang sudah berkumpul di titik ini, maka apa salahnya kita kembangkan dengan program-program pemerintah yang lain,” pungkasnya.

Sementara itu, ketua Dewan Pembina Komunitas Masyarakat Gemar Membaca (Magma), Airin Rachmi Diany menyampaikan apresiasi dengan hadirnya TBM Perbas yang berlokasi di rel kereta api Rawa Buntu. Baginya, ini sesuatu yang menggembirakan dan membanggakan dalam usaha peningkatan minat baca di Tangerang Selatan.

“Semoga ini bisa menjadi inspirasi, kuncinya keunikan dan keberlanjutan, dan juga menjadi influence buat masyarakat lainnya,” katanya.

Beliau juga berharap bahwa di TBM Perbas juga harus mengikuti perkembangan zaman. Termasuk dengan menyediakan akses wifi, sehingga banyak masyarakat yang kemudian datang.

“Kalau dulu, orang jauh ingin baca buku. Tapi kalau sekarang, tidak cukup hanya baca buku, sekarang sudah bertransformasi dengan era dan masa nya yang sekarang,” tambah Wali Kota Tangsel periode 2011-2021 ini.