Tuan Rumah Optimalkan 1078 Atlet dari 47 Cabor Pada Porprov Banten 2022

Tuan Rumah Optimalkan 1078 Atlet dari 47 Cabor Pada Porprov Banten 2022
Kaonang Kadispora Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Lima hari menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten 20 hingga 29 November 2022. Sebagai Tuan Rumah Kota Tangerang terus berbenah dan mempersiapkan segalanya mulai dari test fisik para atlet hingga persiapan venue.

Seluruh venue yang akan digunakan sudah hampir rampung dan siap digunakan untuk pertandingan Porprov VI Banten 2022.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kaonang menjelaskan sebanyak 1078 atlet dari 47 cabang olahraga yang mewakili Kota Tangerang sudah mendapatkan berbagai test fisik sudah menerapkan sport sciene.

Termasuk penguatan motivasi berupa penguatan mental yang dilakukan oleh para psikologi yang didatangkan dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

“Sport science merupakan cara pencatatan semua potensi atau kekuatan fisik yang dimiliki oleh para atlet. Namun kita juga memberikan penguatan mental, jadi para atlet yang pemula mampu melakukan pertandingan dengan sempurna. Kalau hanya mengandalkan fisik dan skill yang jago tapi kalau mentalnya tidak kuat, saya rasa tidak akan maksimal,” jelas Kaonang.

Kata dia tidak hanya atlet yang dipersiapkan, namun juga kita sebagai tuan rumah sudah mempersiapkan venue yang hampir semuanya rampung.

Namun, diakuinya memang masih ada venue yang sudah ditahap finishing seperti Gor Gondrong, Lapangan Tembak Cipete, dan Super Block Wisma Atlet Moderland.

“Seluruh venue sudah dinilai langsung oleh Tim Delegate, mengenai layak atau tidaknya venue tersebut. Jadi tidak sembarangan, sesuai dengan standarisasi yang harus diterapkan di setiap pagelaran Porprov. Seperti grass track selapajang, memang kalau kelihatan kasat mata orang awam seperti belum rampung, tapi memang itu sudah sesuai dengan standarisainya,” jelasnya.

Untuk diketahui, ada beberapa cabang olahraga yang akan diselenggarakan sebelum pembukaan dimulai 20 November mendatang, seperti bola tangan outdoor, gate ball, hoki indoor, sepak bola, sepak takraw, anggar, karate, sepeda ITT, drumband LKKB, drumband LBJP, drumband LBB & LUG, panjat tebing, renang, senam aerobik, bridge, catur, dan pentaque .

“Terdapat beberapa cabang olahraga akan dilangsungkan sebelum pembukaan dimulai, hal tersebut dilakukan karena venue yang digunakan akan bergantian dengan cabang olahraga lainnya, dan proses pertandingannya yang lama,” tutur Kaonang.