Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Provinsi Banten Sambangi Kota Tangerang

Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Provinsi Banten Sambangi Kota Tangerang
Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Provinsi Banten Kunjungi Kota Tangerang. Senin, (17/10). Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Setelah Agustus lalu, Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) melakukan verifikasi Kota Sehat tingkat Kota Tangerang. Kini, Pemerintah Kota Tangerang menerima kunjungan Tim Verifikasi Kota Sehat tingkat Provinsi Banten, yang diterima langsung oleh Ketua Pembina Forum Kota Tangerang Sehat, Decky Priambodo, beserta jajarannya di Ruang Akhlakul Karimah, Senin (17/10/2022).

Tim Verifikasi Provinsi Banten, Nurul Rahmah mengungkapkan Kota Tangerang telah masuk kategori Kota Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. Nantinya jika lolos verifikasi akan mendapatkan penghargaan Swasti Saba.

“Verifikasi penilaian akan berlangsung satu hari ini saja. Seluruh tim akan bekerja secara maksimal, melakukan penilaian secara langsung diseluruh sudut lokus. Memastikan seluruh detail penilaian atau indikator Kota Sehat benar-benar sudah diterapkan dengan baik dan benar di Kota Tangerang. Sehingga, selanjutnya bisa maju ke tingkat Nasional untuk meraih penghargaan Swasti Saba dari Pemerintah Pusat,” papar Nurul.

Sementara itu, Ketua Pembina Forum Kota Tangerang Sehat, Decky Priambodo menjelaskan sejak 2021 indikator Kota Sehat telah diperluas menjadi sembilan dimana sebelumnya hanya tujuh indikator.

Setiap indikator, Kota Tangerang telah mempersiapkan, menerapkan, dan meneladani kehidupan Kota Sehat. Dalam penialaian kali ini, Kota Tangerang telah menunjuk 31 lokus dari sembilan indikator.

“Sembilan indikator hanya dimaksimalkan, karena konteks Kota Sehat memang sudah diterapkan dalam keseharian. Diantaranya, indikator Pendidikan yang menjadi lokus ialah SDN 6 Kota Tangerang, SMPN 1 Tangerang dan Pesantren Modern Tahfidz Arrahmah. Indikator Pasar Sehat ialah Pasar Modern Banjar Wijaya, Indikator Pariwisata ada Wisata Kano dan Taman Hutan Kota. Sedangkan untuk indikator Perkantoran dan Perindustrian akan berlangsung verifikasi penilaian di PT Panarub Industri, Bapenda dan TLR Diskominfo,” jelas Decky.

Di lokasi yang sama, Ketua Tim Forum Kota Tangerang Sehat, Siti Rochayah menambahkan lokus untuk indikator Kesehatan ialah Klinik Methadon, Posyandu Bakti Jaya dan Posyandu Sari Kencana.

Indikator Rumah Ibadah lokusnya berlangsung Masjid Sari Asih Karawaci serta Indikator Transportasi dan Lalu Lintas ialah Halte Tanah Tinggi, Terminal Poris Plawad, BPBD dan wilayah Tanggap Bencana Periuk.

“Pastinya, kami berharap penilaian berlangsung dengan baik dan lancar sesuai harapan. Pastinya, kita sudah melakukan dan mempersiapkan yang terbaik dari kerjasama semua pihak. Jika verifikasi Provinsi Banten ini lolos, maka tahun depan Kota Tangerang akan maju ke tingkat Nasional,” katanya.