News Kabupaten Pandeglang STISIP Banten Raya Gelar Webinar Potensi Pemuda dalam Membangun Desa

STISIP Banten Raya Gelar Webinar Potensi Pemuda dalam Membangun Desa

STISIP Banten Raya gelar Webinar potensi pemuda dalam membangun desa dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda.
STISIP Banten Raya gelar Webinar potensi pemuda dalam membangun desa dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda.
Hari Guru Dinkes Tangsel

PANDEGLANG, Pelitabanten.com– Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Banten Raya menggelar webinar dengan tema potensi pemuda dalam membangun desa. Acara ini dilaksanakan pada Rabu (27/10/2021).

Turut hadir dalam webinar tersebut, Depi Permana, S.IP selaku MC. Kepala Pusat Studi Kelembagaan Desa, Jaka Permana, S.AP, M.AP., Moderator Mohamad Iyos Rosyid, S.KPm, M.AP., Narasumber Andi Mulyana, S.P, Legislator DPRD Kabupaten Lebak. Jeni Minan, S.Sos, M.Sos,Sc, Kepala Prodi Ilmu Pemerintahan STISIP Banten Raya, dan Sulaeman Apandi, S.Sy, M.Si, Ketua Plt. DPD KNPI Kabupaten Pandeglang.

Disela pembukaan Dr. Nasir, S.P, M.P., selaku ketua STISIP Banten Raya membuka acara ini, dengan memperingati hari sumpah pemuda, mari generasi muda untuk menggali potensi yang ada untuk kemajuan desa.

“Banyak sekali potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang harus kita optimalkan, dan peran pemuda sangat dibutuhkan untuk kemajuan desa ke depannya,” ujarnya.

Baca Juga:  Genjot Hasil Pertanian, Pemerintah Beri Traktor dan Pompa Air

Dr. Nasir, S.P, M.P mengajak bahwa banyak sekali kelembagaan di desa yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan desa. Potensi yang ada ini tentunya harus dimanfaatkan oleh para pemuda selaku agen perubahan dan agen kemajuan untuk mengembangkan potensi yang ada.

Legislator DPRD Kabupaten Pandeglang, Andi Mulyana, S.P mengajak agar peran pemuda untuk bisa bersinergi dengan pemerintah. Pemuda harus mengambil peran dalam pembangunan.

“Konsep menggali dan gagasan pemikiran dari pemuda sangat dibutuhkan. Seperti menggali potensi pertanian, potensi wisata, potensi peternakan, yang nanti nya digunakan untuk kesejahteraan masyarakat desa. Kemauan pemuda inilah yang harus diasa untuk kemajuan ke depannya untuk perekonomian,” terangnya.

Peran pemerintah melalui lembaga legislator terus mendukung untuk kemajuan pemuda, ini ditujukan sebagaimana komitmen para legislator untuk pembangunan sumber manusia yang handal. “Tantangan pemuda ke depan sangatlah besar, dengan mendukung peran pemuda maka diharapakan memiliki jiwa yang optimal untuk kemajuan masyarakat desa,” tuturnya.

Baca Juga:  Menjadi Caleg Tanpa Money Politics

Jeni Minan, S.Sos, M.Sos,Sc., menjelaskan bahwa pembangunan desa adalah pembangunan yang dilaksanakan secara menyeluruh dan terpadu. Pembagunan juga jangan diartikan membangun infrastruktur saja melainkan membangun SDM manusia.

“Aset besar bangsa ini adalah pemuda, dan pemuda adalah investasi untuk kemajuan masyarakat desa, bangsa, dan Negara,” terangnya.

Sulaeman Apandi, S,Sy, M.Si., Ketua Plt. DPD KNPI Kabupaten Pandeglang mengingatkan agar pemuda menjadi bagian dari solusi pembangunan masyarakat desa. Pemuda harus memiliki kepekaan untuk memberikan ide dan gagasan kepada para pemangku kebijakan.

“Solusi dari pemuda merupakan solusi yang harus diakomodir untuk kemajuan desa ke depannya. Pemuda masih memiliki semangat tinggi untuk kemajuan negeri. Peran pemuda ini kedepannya adalah solusi untuk kemajuan desa,” tutupnya. (MIR)