SMP Negeri 1 Sepatan Mencetak Generasi Unggul Melalui Pramuka Garuda

Sebanyak 8 Orang Anggota Penggalang Gerakan Pramuka Gugus, Foto. (Istimewa)
Sebanyak 8 Orang Anggota Penggalang Gerakan Pramuka Gugus, Foto. (Istimewa)

KABUPATEN,TANGERANG,Pelitabanten.com-Sebanyak 8 Orang Anggota Penggalang Gerakan Pramuka Gugus Depan Bacharuddin Jusuf Habibie 23.069 dan Hasri Ainun Besari 23.070 Pangkalan SMP Negeri 1 Sepatan Terdiri Dari 4 Putra dan 4 Putri Mengikuti Penilaian Pramuka Garuda Di SMP Negeri 1 Sepatan, Rabu 02 Agustus 2023.

Kak Riki Ade Suryana Selaku Andalan Ranting Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Sepatan Mengatakan, Untuk menjadi Pramuka Garuda harus bisa melalui tahapan yang cukup panjang, yakni dari Penggalang Ramu, Penggalang Rakit dan Penggalang Terap.

Kemudian juga harus melalui tahapan penilaian yang dilakukan tim khusus yang terdiri dari unsur Ketua Gugus Depan Selaku Ketua Tim, Pembina Satuan Selaku Anggota Tim, Andalan Ranting, Selaku Anggota Tim, Orang tua Selaku Anggota Tim dan Tokoh Masyarakat Selaku Anggota Tim, “Ucapnya.

Ditempat Yang Sama Ketua Gugus Depan Gerakan Pramuka SMPN 1 Sepatan Kak Slamet Riadi, S.Pd mengatakan, penilaian Pramuka Garuda merupakan salah satu wujud keseriusan Gerakan Pramuka SMPN 1 Sepatan dalam menghasilkan generasi muda yang lebih berkarakter unggul. “Dengan menjadi Pramuka Garuda, seorang anggota Pramuka akan memiliki kulitas dan kemampuan di atas rata-rata, dan harus bisa menjadi teladan bagi lingkungan sekitar,” katanya saat memberikan sambutan.

Kemudian Pembina Pramuka SMPN 1 Sepatan Kak Ajat Sudrajat, S.Pd.I menambahkan, bahwa Peserta Pramuka Garuda yang mengikuti proses Penilaian ini adalah berasal dari anggota Gerakan Pramuka Gugus Depan SMP Negeri 1 Sepatan yang ada di Kwartir Ranting Kecamatan Sepatan, 8 peserta yang ikut proses penilaian nantinya akan berlaga di kegiatan verifikasi berkas Oleh Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang yang akan dilaksanakan pada Hari Jum’at 04 Agustus 2023 Di GSG Kecamatan Pakuhaji ,” tambahnya.

Anggota DPRD Provinsi Banten H.Ahmad Jaini, S.Pd, M.Si Selaku Tokoh Masyarakat Sepatan Juga Memberikan Sambutan, Bahwa Menjadi Pramuka Garuda menurut H.Jaini bukanlah hal yang mudah, perlu perjuangan dan pengorbanan sepenuh hati. Bukan hanya sekedar seremonial menjadi garuda pramuka penggalang, tapi benar-benar menjadi contoh positif dan inspirator bagi lingkungan sekitar untuk menjadi lebih baik, Dengan adanya penilaian tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di khususnya Kecamatan Sepatan dan umumnya di Kabupaten Tangerang melalui pembinaan di Gerakan Pramuka. “Pencapian ini tidak boleh berhenti hanya sampai garuda merah saja, tapi kelak harus bisa mencapai pramuka garuda perak atau pramuka garuda pandega,” tutupnya.