Serentak se-Indonesia, Polres Metro Tangerang Kota Tanam 1.000 Pohon Penghijauan

Serentak se-Indonesia, Polres Metro Tangerang Kota Tanam 1.000 Pohon Penghijauan
PLH Kapolres Metro Tangerang Kota AKBP Anggun Cahyono bersama Camat Pinang dan TNI Menanam Pohon di Polsek Pinang, Kota Tangerang. Rabu (23/8). Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Peduli lingkungan dan kualitas udara di wilayah Tangerang raya, akibat cuaca panas ekstrim dan polusi udara. Polres Metro Tangerang Kota melakukan aksi nyata menanam 1000 pohon secara serentak di 12 Polsek Jajaran.

Kegiatan menanam pohon untuk penghijauan ini juga dilaksanakan secara bersamaan di seluruh Indonesia dipimpin Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo Via Zoom Meeting.

“Penanaman pohon ini serentak, oleh Polres se-Indonesia, secara simbolis bersama dengan Kapolri dari Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur,” terang PLH Kapolres Metro Tangerang Kota, AKBP Anggun Cahyono saat menanam pohon di Polsek Pinang. Rabu, (23/8/2023).

Di wilayah hukum Polsek Pinang, bersama Kecamatan dan tokoh masyarakat ditanam sebanyak 50 Pohon. Total hari ini se-Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya berjumlah 1000 pohon yang ditanam, Disebar di 12 Polsek Jajaran.

“Intinya kita bareng, bersama-sama menghadapi kondisi polusi udara agar segera teratasi. Seluruh masyarakat bisa lebih sehat dengan udara yang bersih,” katanya.

Sebelumnya, melalui program ‘Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini’ yang di gagas Kapolri. Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho secara serentak se-Polda Metro Jaya menanam 1000 pohon di seluruh wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota. Pada Jumat (18/8) kemarin.

“Pohon yang ditanam adalah pohon jenis penghasil kayu seperti pohon jati dan sengon termasuk pohon-pohon penghasil buah-buahan,” jelas Anggun.

Di lokasi Camat Syarifudin, menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Kepolisian Metro Tangerang Kota yang telah melakukan penghijauan dengan menanam pohon di wilayah Kecamatan Pinang.

“Nantinya pohon-pohon yang di serahkan, akan kami tanam disepanjang jalan kecamatan,” ujarnya.

Tokoh masyarakat, Samino, mengatakan dengan ditanamnya banyak pohon akan bermanfaat untuk menyaring udara yang masuk ke paru-paru. Memanfaatkan lahan kosong, selain memperbaiki kualitas udara, pohon juga dapat mengatasi masalah banjir.

“Semoga program Polri Peduli Lingkungan ini dapat terus berlanjut, hingga hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tukasnya.