Selidiki Hoaks Gempa Lebak, Polda Banten Bekerja Sama Dengan Bareskrim 

Selidiki Hoaks Gempa Lebak, Polda Banten Bekerja Sama Dengan Bareskrim 
SERANG, Pelitabanten.com gempa bumi yang mengguncang Lebak tempo hari membuat korban menderita dan dilanda trauma. Karena itulah, netizen diharapkan tidak menyebar informasi bohong atau terkait tragedi di Kabupaten Banten itu.
, Brigjen Listyo Sigit Prabowo, mengatakan saat ini Polda bekerja sama dengan Bareskrim sedang melakukan penyelidikan untuk menelusuri siapa yang pertama menyebarkan isu hoaks itu.
“Saat ini isu hoaks tersebut sudah di   oleh BMKG dengan  mengeluarkan pernyataan resmi bahwa itu bukan hoak,” katanya saat ditemui di Kota Serang, Jum’at 26 Januari 2018.
Dikatakan Kapolda, saat ini pihaknya bersama Bareskrim terus bekerja untuk mengusut orang pertama yang menyebarkannya. Apabila sudah ditemukan siapa yang menyebar pertama akan kita tingkatkan kasusnya.
“Kalau nanti pelaku terdapat di Banten maka akan diselidiki dan bila terjadi di luar Banten maka Bareskrim yang akan mengusutnya,” ujarnya.
Untuk itu, Kapolda meminta masyarakat untuk tenang dan tetap waspada serta tidak usah panik tetap ikuti himabuan resmi yang dikeluarkan BMKG.
“Masyarakat agar tenang tidak terpengaruh hoaks, bila menemukan segera hubungi kepolisian dan pihak pemerintah setempat,” tukasnya.
Sebelumnya, Wakil , Andhika Hazrumy mengatakan, pasca gempa banyak fot- bertebaran yang mengatasnamakan bencana. Foto-foto hoax itu seperti jalan yang terbelah hingga guncangan di dalam kapal laut. Akibatnya, penyebaran foto-foto itu membuat masyarakat semakin khawatir.
“Jadi tidak benar itu ada jalan terbelah, rumah ambruk total, bahkan ada yang menyebutkan sampai ada ,” kata Wagub Andika, Kamis 25 Januari 2018.(Rizki).