Sebelum Lapas Blok C2 Terbakar, Tidak Ada Dua Geng Narkoba Ribut

Sebelum Lapas Blok C2 Terbakar, Tidak Ada Dua Geng Narkoba Ribut
Kondisi Pavilium Blok C2 Lapas Kelas 1 Tangerang Pasca Kebakaran. Rabu (8/9) Dini hari. Foto Pelitabanten.com (Istimewa)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Kabar adanya keributan antar dua Geng Narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang sebelum Kebakaran hebat terjadi.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Tangerang Viktor Teguh angkat bicara dengan membantah bahwa tidak ada terjadi keributan antar geng di Blok C2 yang di dominasi para tahanan kasus narkoba tersebut.

Menurutnya, analisa dugaan sementara dari kepolisian kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik ada kemungkinan adalah benar.

“Tapi untuk terjadinya perang antar geng, keributan tidak ada, ini pernyataan saya,” tegas Viktor kepada awak media di RSUD Kabupaten Tangerang, saat mendampingi Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Kamis, (9/9/2021).

Namun, pada saat peristiwa kebakaran itu terjadi kamar dalam keadaan terkunci diakui oleh Viktor, Sebab telah sesuai prosedur tetap operasional, ada pembukaan dan penutupan pintu kamar-kamar Lapas.

“Pada saat kejadian kebakaran itu kamar kamar dalam keadaan terkunci, dan memang sesuai prosedur warga binaan pada saat istirahat akan dikunci setiap malamnya,” ungkapnya.

Dia menjelaskan dalam lapas Blok C2 tersebut dihuni sebanyak 122 warga binaan. Jadi dalam satu kamar diisi oleh 2 orang, 3 orang dan bahkan ada yang sampai 5 orang tahanan.

“Itu dalam satu paviliun Blok C2. Kalau dilihat dari denah posisinya ada ditengah-tengah, mereka (napi) berada didalam kamar-kamar yang terkunci itulah struktur bangunan lapas kelas 1 Tangerang,” tukasnya.