Rano Alfath Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Sukamulya Balaraja

Rano Alfath saat mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan Republik Indonesia.
Rano Alfath saat mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan Republik Indonesia.

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com -Sebanyak 150 orang warga Sukamulya, Kecamatan Balaraja mengikuti kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Republik Indonesia yang digelar oleh Anggota DPR-MPR RI asal daerah pemilihan Tangerang Raya, Moh. Rano Alfath pada hari Sabtu (17/09/22).

Acara yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang itu disambut baik oleh masyarakat.

Rano Alfath mengatakan bahwa hal ini dilakukan sesuai amanat Pasal 5 UU No. 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD yang menyatakan bahwa MPR mempunyai tugas untuk memasyarakatkan Ketatapan MPR, memasyarakatkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sehingga sebagai anggota MPR, Rano wajib menunaikan ketentuan tersebut untuk membumikan empat elemen yang disebut Pilar Kebangsaan.

“Empat Pilar Kebangsaan sebagai kumpulan nilai-nilai luhur yang dibentuk sejalan dengan semangat founding fathers kita dalam mendirikan republik ini harus dipahami oleh seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat,” tutur Rano dalam materinya.

Legislator asal Banten itu juga mengingatkan agar masyarakat bersiap-siap mengencangkan ikat pinggang dalam menghadapi kemungkinan resesi ekonomi akibat perang antara Russia dan Ukraina yang terjadi di Eropa.

“Meskipun lokasi perang jauh di Eropa sana tapi dengan semakin terkikisnya batasan akibat globalisasi, maka Indonesia mau tidak mau akan terdampak secara geopolitik. Hal ini sudah kita rasakan dengan naiknya BBM, dan kelangkaan berbagai bahan makanan karena ekspor impor tersendat. Meskipun demikian kami sebagai legislator akan terus mendorong pemerintah untuk memformulasikan kebijakan pro-rakyat dalam mengatasi hal ini,”tutur Rano.

Lebih lanjut, Rano menekankan urgensi pentingnya mempedomani Empat Pilar Kebangsaan agar Indonesia dijauhkan dari peperangan seperti yang terjadi di negara barat.

“Negara kita ini unik, ribuan pulau dan ratusan suku etnis dan budaya tapi jarang terlibat konflik satu sama lain karena dipersatukan oleh falsafah Empat Pilar Kebangsaan ini khususnya Pancasila. Negara kita juga jarang terlibat dengan konflik luar negeri seperti yang sekarang terjadi di negara barat. Saya mengajak bapak ibu sekalian untuk lebih memahami fondasi negara kita ini demi bangsa Indonesia yang majemuk, kuat, dan berdaulat,” tutup Rano.

Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Republik Indonesia.
Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Republik Indonesia.

Acara yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang itu disambut baik oleh masyarakat.

Selain mengadakan sosialisasi, wakil rakyat yang akrab disapa Bang Rano itu juga membuka sesi serap aspirasi yang memperbolehkan masyarakat menyampaikan aspirasinya.

Beberapa masyarakat terlihat mengajukan pertanyaan terkait materi yang diberikan pada sesi tanya jawab yang kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.