Rano Alfath Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Desa Kadu Curug Kabupaten Tangerang

Rano Alfath (ditengah) saat menyampaikan penjelasan empat pilar kebangsaan kepada masyarakat.
Rano Alfath (ditengah) saat menyampaikan penjelasan empat pilar kebangsaan kepada masyarakat.

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com – Sebanyak 150 orang warga Desa Kadu, Kecamatan Curug mengikuti kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Republik Indonesia yang digelar oleh Anggota DPR-MPR RI asal daerah pemilihan Tangerang Raya, Moh. Rano Alfath pada hari Minggu (07/08/2022).

Hal ini dilakukan sesuai amanat Pasal 5 UU No. 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD yang menyatakan bahwa MPR mempunyai tugas untuk memasyarakatkan Ketetapan MPR, memasyarakatkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sehingga sebagai anggota MPR, Rano wajib menunaikan ketentuan tersebut untuk membumikan empat elemen yang disebut Pilar Kebangsaan.

“Empat pilar kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh atau soko guru dari kehidupan berbangsa dan bertanah air Republik Indonesia yang mengakomodir seluruh elemen bernegara, sehingga kita wajib untuk melestarikan dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Rano dalam materinya.

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI.
Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI.

“Menurunnya kasus pandemi COVID-19 bukan berarti negara kita sudah bebas ancaman, bebas masalah. Dinamika global seperti Konflik Rusia-Ukraina, ketegangan antara Amerika dan China, menuntut kita untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, khususnya pada hal-hal yang mengancam keutuhan negara. Sekarang yang namanya perang itu sudah bukan dengan tank atau senjata lagi, tapi sudah dalam bentuk infiltrasi ke ideologi, politik, sosial, budaya, dan lainnya,” sambung legislator itu.

Dengan begitu, dikatakan oleh Rano, disinilah fungsi Empat Pilar Kebangsaan untuk membangun imunitas jati diri dan fondasi kebangsaan yang kuat, sehingga dapat menangkal berbagai ancaman virus ideologi yang dapat memecah belah persatuan Indonesia bekerja.

“Pancasila sudah terbukti kesaktiannya sepanjang jaman, ayo kita jaga dan terus lestarikan keempat pilar kebangsaan ini demi bangsa Indonesia yang majemuk, kuat, dan berdaulat,” tutup Rano.

Acara yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Desa Kadu, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang itu disambut baik oleh masyarakat.

Selain mengadakan sosialisasi, wakil rakyat yang akrab disapa Bang Rano itu juga membuka sesi serap aspirasi yang memperbolehkan masyarakat menyampaikan aspirasinya.

Beberapa masyarakat terlihat mengajukan pertanyaan terkait materi yang diberikan pada sesi tanya jawab yang kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.

Avatar photo
087781634774