Puskesmas Ini Rutin Jalani Home Care Bagi Lansia di Kota Tangerang

Puskesmas Ini Rutin Jalani Home Care Bagi Lansia di Kota Tangerang
Layanan Home Care Lansia Puskesmas Cikokol, Kota Tangerang. Sabtu (22/10). Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Sebagai salah satu bentuk pemerataan kesehatan masyarakat di wilayah kerja. Puskesmas Cikokol, Kota Tangerang rutin menggelar pendampingan kesehatan bagi pasien lanjut usia (lansia), melalui layanan Home Care Lansia, di setiap minggunya secara door to door alias dari rumah kerumah.

Seperti terlihat di hari ini, Home Care Lansia berlangsung di wilayah RT 01, RW 02, Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang Kota Tangerang, Banten. Sabtu (22/10/2022).

Kepala Puskesmas Cikokol, dr Achmad R Miftah menjelaskan setiap pasien atau lansia mendapat layanan Home Care Lansia setiap sebulan sekali.

“Layanan ini untuk lansia yang memang membutuhkan bantuan kesehatan, namun tidak bisa berkunjung ke Puskesmas langsung, karena terhambat kondisi kesehatan. Namun, kalau masih bisa berkunjung ke Puskesmas disarankan untuk bisa langsung datang saja,” papar dr Achmad.

Ia menjelaskan, dalam Home Care Lansia petugas melalukan pemeriksaan tanda-tanda vital pada lansia. Seperti tekanan darah, nadi, suhu, pernafasan hingga pemeriksaan fisik terkait keluhan lansia tersebut.

Tak jarang, kata dr Achmad petugas kesehatan juga melakukan pemeriksaan laboratorium sederhana bila diperlukan. “Seperti gula darah, asam urat hingga kolesterol. Secara obat-obatan juga disiapkan Puskesmas sesuai kebutuhan lansia tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, pasien-pasien lansia kata dr Achmad didapat dari informasi para ibu kader kesehatan di wilayah Puskesmas Cikokol. Tak sedikit juga informasi RT, RW hingga langsung permohonan dari keluarga lansia tersebut.

“Jika masyarakat di lingkup wilayah Puskesmas Cikokol ingin mendapat layanan Home Care Lansia bisa melakukan permohonan lewat whatsapp di nomor 0877-7383-3570. Puskesmas Cikokol juga memiliki layanan Home Care ODGJ dan Disabilitas,” kata dr Achmad.