Polusi Udara, IMI Gelar Uji Emisi di Meet Up Parade Merah Putih Otomotif Festival 2023

Uji Emisi di Meet Up Parade Merah Putih Otomotif Festival 2023 Kota Tangerang. Sabtu, (19/8). Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com –  Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kota Tangerang Gelar Meet Up Parade Merah Putih Otomotif Festival 2023.

Kegiatan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun ini berlangsung di halaman Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang. Sabtu, (19/08/2023).

 

Dalam mendukung pemerintah menanggulangi polusi udara beberapa waktu ini di Kota Tangerang khususnya dilakukan juga uji emisi kendaraan.

Ketua IMI Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan mengungkapkan, Uji emisi dilakukan sebagai upaya mendukung Pemkot Tangerang menanggulangi polusi udara di wilayah Jabodetabek, ditambah cuaca panas ekstrem saat ini.

“Kegiatan ini merupakan ajang bersilaturahmi berbagai Komunitas, konsepnya di khususkan kendaraan warna merah dan putih. Tapi kita tidak menutup untuk mobil warna lain mengikuti uji emisi gratis juga. Kita targetkan 150 kendaraan,” kata Ujang di lokasi.

Dengan dilakukannya Uji Emisi, Ia berharap masyarakat dan para peserta Meet Up Parade Merah Putih Otomotif Festival 2023 yang sudah pasti kendaraannya di cek kadar emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan dapat mengetahui langsung kondisi kendaraannya masing-masing.

“Jadikan, setelah uji emisi mereka bisa tahu langsung layak atau tidak kadar emisi yang dikeluarkan kendaraannya, Ambang batas uji emisi inikan sudah ditetapkan oleh regulasi yang ada,” ungkapnya.

Ujang menjelaskan terhadap kendaraan yang sudah di Uji Emisi akan diberi stiker lulus uji emisi sebagai tanda, Sedangkan bagi yang belum lulus saat uji emisi, akan diberi penjelasan dan arahan untuk memperbaikinya. Tentunya dengan melakukan service mesin secara berkala.

“Kegiatan ini kita menggandeng semua stakeholder terkait seperti Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang. Dan Dishub-lah lembaga yang berkompeten untuk mengeluarkan stiker. Apakah mobil tersebut Lulus atau tidak lulus dari uji emisi,” pungkas Ujang Hendra yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang itu.