Polisi Gandeng Kelompok Masyarakat se- Kota Tangerang Jaga Pemilu 2024

Polisi Gandeng Kelompok Masyarakat se- Kota Tangerang Jaga Pemilu 2024
Pembacaan Ikrar Pokmas Jaga Pemilu Damai 2024 di Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG,  Pelitabanten.com – Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya menghadapi Pengamanan Pemilu 2024 menyelenggarakan apel besar bersama Pam swakarsa, Potmas dan Ormas menjaga dan menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif menyambut pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2023-2024.

Ratusan pasukan terdiri dari personel Kepolisian, pam swakarasa, organisasi kemasyarakatan (ormas), organisasi kepemudaan (OKP), dan Potensi Masyarakat (Potmas) diikut sertakan dalam apel besar yang dilaksanakan di lapangan upacara Polres Metro Tangerang Kota. Kamis, (16/11) pagi.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho usai memimpin apel mengatakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama tahapan Pemilu 2024, pihaknya sangat membutuhkan peran aktif dan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat, khususnya di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota.

“Kita (Polisi) membangun sinergitas dengan masyarakat, Karena kita menyadari dengan segala keterbatasan jumlah personil, Polri tidak dapat bekerja sendirian tanpa adanya dukungan dan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Zain menambahkan, apel besar dilakukan pada hari ini, guna mengecek kesiapan siagaan seluruh personel yang dilibatkan untuk bersama – sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Mereka ini kita libatkan untuk menjaga lingkungan masing-masing. Apabila terjadi permasalahan dapat diselesaikan secara mandiri melalui problem solving maupun musyawarah mufakat, tentunya dengan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda sehingga tidak semua permasalahan yang terjadi di masyarakat dibawa ke Kepolisian,” urai Zain seraya menambahkan, melalui para tokoh dengan ketokohan dan tauladannya diharapkan mampu memberikan himbaun yang menyejukkan dan menjadi juru damai mendinginkan suasana yang sudah mulai meningkat (cooling system,red) agar tidak terjadi polarisasi dan perpecahan di tengah-tengah masyarakat.

Dalam apel besar yang digelar itu pun dibacakan teks dan penandatanganan deklarasi damai untuk menunjukkan komitmen bersama dalam menjaga Pemilu 2024 yang aman, sejuk dan damai menuju Indonesia Emas 2045.