Persiapan Mudik Lebaran, Kapolri Tinjau Pelabuhan Merak Dan Ciwandan

Persiapan Mudik Lebaran, Kapolri Tinjau Pelabuhan Merak Dan Ciwandan

MERAK, Pelitabanten.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama dengan lintas sektoral terkait meninjau Pelabuhan Merak, untuk memastikan kesiapan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri tahun 2023.

Sigit menjelaskan, tinjauan ini dilakukan sebagai tindaklanjut dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginstruksikan kementerian / lembaga hingga Polri untuk bergerak sejak dini demi mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Sesuai arahan Pak Presiden kami di bawah jajaran Menko PMK diminta untuk lebih awal melakukan pengecekan dan perencanaan bersama. Sehingga kesiapan dalam menghadapi arus mudik dan balik tahun 2023 ini bisa lebih baik, karena memang ada peningkatan terhadap jumlah pemudik yang akan kembali,” kata Jenderal Bintang Empat di Pelabuhan Merak.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan ada beberapa penyesuaian kebijakan dalam penanganan arus mudik tahun ini, salah satunya penambahan pelabuhan selain Merak.

“Secara umum memang ada penyesuaian-penyesuaian kebijakan dalam penanganan penyeberangan dari Merak-Bakauheni atau sebaliknya dibanding tahun lalu,” kata Menko PMK Muhadjir Effendi kepada wartawan di Pelabuhan Merak.

Hadir juga dalam peninjauan itu Menhub Budi Karya Sumadi, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Bud)