Permintaan Pasien Covid-19 Tinggi, Stok Plasma PMI Kota Tangerang Menipis

Permintaan Pasien Covid-19 Tinggi, Stok Plasma PMI Kota Tangerang Menipis
Darah Plasma Konvalesen. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Positif Covid-19 meroket di kota Tangerang, sementara Ketersediaan stok darah plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang semakin menipis.

Plasma konvalesen adalah darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang sudah sembuh atau sebagai penyintas, itu untuk membantu proses penyembuhan pasien lain yang masih terpapar virus asal Wuhan China itu.

“Kami mengajak kepada masyarakat yang pernah dan sembuh dari Covid-19 untuk melakukan donor darah plasma konvalesen di PMI Kota Tangerang,” kata Ketua PMI Kota Tangerang, Oman Djumansyah, Jum’at (25/6/2021).

Ungkap Dia, Plasma Konvalesen juga harus di tingkatan, karena dengan plasma ini pasien Covid-19 bisa tertolong selain dengan vaksin. Maka itu, stock plasma Konvalesen juga harus terus tersedia agar berimbang dengan permintaan.

“PMI Kota Tangerang terus menjalankan donor Plasma Konvalesen, kami mendorong dengan cara, satu pendonor plasma mengajak satu orang. Jadi, stock plasma Konvalesen bisa ada terus dan tidak kosong,” ucap Oman.

Maka, bagi masyarakat penyintas Covid-19, PMI berharap dapat mendonorkan Plasma Konvalesen. Sebab donor ini, di khususkan bagi yang pernah dinyatakan positif Covid-19 dan dinyatakan sembuh, sebagai penawar pasien yang masih terpapar virus.

“Jarak donor plasma ini adalah 4 Minggu, setelah orang tersebut dinyatakan sembuh atau negatif Covid-19. Jadi bagi masyarakat yang sudah sembuh, kami persilahkan untuk melakukan donor plasma Konvalesen di PMI Kota Tangerang,” pungkasnya.