Peringati Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Mahasiswa Unbaja Dampingi Kader Posyandu dan Bidan Desa

Kelompok 12 KKM Universitas Banten Jaya Peringati Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), Desa Kamurang Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, pada Senin (8/8/2022).

kegiatan ini merupakan program yang dilaksanakan Pemerintah daerah setempat untuk melakukan imunisasi pada seluruh balita berusia 9-59 bulan dan  berlangsung dari awal bulan agustus 2022.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan ini, Mahasiswa KKM membantu Kader Posyandu dan bidan desa dalam kegiatan imunisasi anak. Kegiatan tersebut dilakukan di empat titik pelaksanaan posyandu, yakni di Jambangan,  Bakung Turus, Pasir Kulon, Bakung Masjid dan Kalen Wuni.

Bidan Desa Kamurang, Kecamatan Cikande, Melly Rosmayanti, A.md.Keb mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada mahasiswa KKM, karena sudah membantu dalam kegiatan posyandu, termasuk dalam sosialisasi BIAN.

“Ada banyak sekali kegiatan di posyandu ini, jadi dengan adanya mahasiswa KKM kami menjadi terbantu,” ungkapnya, Senin (8/8/2022).

Ketua KKM 12 Allif Maulana mengatakan, kegiatan BIAN bertujuan pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela serta melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat. Program ini diwujudkan sebagai upaya menutup kesenjangan imunitas anak dengan melakukan hamonisasi kegiatan imunisasi tambahan (campak-rubela) dan imunisasi kejar (OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib) di masyarakat.

“Selain itu juga untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengembangkan kegiatan kesehatan ini. Beberapa kegiatan utama pada posyandu harus rutin di ikuti oleh masyarakat kamurang,” paparnya.

Selanjutnya dilakukan penimbangan balita, mengukur tinggi badan, kemudian menyerahkan Fotokopi kartu keluarga dan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang berisi catatan kesehatan ibu (hamil, bersalin dan nifas) dan anak (bayi baru lahir sampai anak usia 5 tahun), dilanjut pemberian Vitamin A serta pemberian imunisasi.