Peringatan Isra Mi’raj di Cibogo Wetan Dihadiri oleh Qori Internasional Syeikh Rajif Fandi dari Aceh

Peringatan Isra Mi’raj di Cibogo Wetan Dihadiri oleh Qori Internasional Syeikh Rajif Fandi dari Aceh
Qori Internasional dari Aceh, Syeikh Rajif Fandi.(dok ist)

KABUPATEN TANGERANG, Peliatabanten.com – Dalam rangka memperingati isra mi’raj Nabi Muhammad SAW, pemuda Kampung Cibogo Wetan bersama pengurus Masjid Jami’ At-Taqwa mengadakan acara pengajian pada Jum’at  3/03/2023 malam.

Acara  ini di hadiri oleh Tokoh Agama (Toga) dan Tokoh masyarakat (Tomas) Kampung  Cibogo Wetan.

Turut hadir juga dalam acara tersebut Camat Kelapa Dua, Hadiyanto, Lurah Kelapa Dua. Ketua DKM Masjid Jami’ At-Taqwa, H.Popong yang juga akrab disapa HJP,  dengan mengundang Penceramah dari Cilongok Pasar Kemis kiai H. Humaeni (Abah Umen) dan Qori Internasional dari Aceh yaitu Syeikh Rajif Fandi.

Acara diawali dengan Hadroh yang dibawakan oleh At-Tawabin pimpinan Ustadz Azizi Suhendi dari Cibogo Wetan, dilanjutkan dengan pembacaan mahallul qiyam.

Acara isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang di isi oleh Abah Umen ini bertema , “Sebelum Kita mengingatkan orang sholat, Mari perbaiki dahulu Sholat Kita”. Beliau menyampaikan kisah yang dialami Nabi Muhammad saat melakukan perjalanan rohani yaitu Isra Miraj.

IIsra Miraj adalah perjalanan malam Nabi Muhammad dari Mekah ke masjid Masjid Aqsa, lalu naik ke Sidratil Muntaha. Isra Miraj terdiri dari dua bagian perjalanan utama yaitu perjalanan dari Masjidil Harom ke masjid Al-Aqsa di Yerusallem dan ke Sidratil Muntaha (Miraj).

Saat melakukan perjalanan Miraj Nabi Muhammad SAW naik ke Sidratil Muntaha untuk menerima perintah Allah agar umat beriman melaksanakan ibadah sholat. Selain itu, Abah Umen juga menghimbau agar masyarakat semangat melaksanakan sholat berjamaah di Masjid ini.

“Acara ini dilaksanakan untuk meningkatkan iman dan taqwa masyarakat Cibogo Wetan dan sebagai pengingat bahwa perintah sholat itu wajib. Sholatlah sesuai tuntunan yang telah diajarkan Rosululloh SAW”. Ujar Ustadz Baihaqi, salah satu imam di Masjid Jami’ At-Taqwa.

Ada tradisi unik yang dimiliki oleh masyarakat Kampung Cibogo Wetan yang hingga saat ini masih terus dilestarikan.

“Jika ada kegiatan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) masyarakat dengan sukarela dan kompak membawa snack dan makan yang nanti dikumpulkan oleh panitia.” pungkasnya.