Perangi Narkoba, BNN Bakal Bentuk 104 Kelurahan se- Kota Tangerang jadi Kelurahan Bersinar

Perangi Narkoba, BNN Bakal Bentuk 104 Kelurahan se- Kota Tangerang jadi Kelurahan Bersinar
Kombes Pol Ichlas Gunawan, Kepala BNN Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com
ADVERTISEMENT

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Dalam memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) mendeklarasikan pencanangan kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba), di Halaman Kelurahan Karawaci Baru, Senin (26/6/2023).

Kepala BNN Kota Tangerang, Kombes Pol. Ichlas Gunawan, menyebutkan saat ini sudah terbentuk 8 kelurahan dari 104 kelurahan se-Kota Tangerang sebagai kelurahan bersinar.

Ke Depan diharapkan 104 kelurahan bakal dibentuk sebagai Kelurahan bersinar guna memerangi peredaran gelap narkoba.

ADVERTISEMENT

8 Kelurahan yang telah dibentuk sebagai kelurahan bersinar itu adalah Kelurahan Karawaci Baru, Kelurahan Poris Plawad Utara, Kelurahan Sangiang Jaya, Kelurahan Pinang, Kelurahan Cibodas Sari, Kelurahan Sukasari, dan Kelurahan Benda.

Hal itu disampaikan Ichlas, usai digelarnya apel yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, diikuti oleh beberapa OPD seperti Dinsos, Dinkes, Dispora, Kesbangpol, TNI-Polri serta lapisan masyarakat kelurahan Karawaci Baru.

Ia mengungkapkan guna memberantas narkoba di Kota Tangerang harusĀ  melibatkan berbagai pihak, salah satunya peran masyarakat di setiap wilayah.

“Kami sudah memiliki 120 penggiat anti narkoba yang termasuk dalam program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM), dimana mereka akan bantu mensosialisasikan terkait narkoba serta melakukan pemulihan ringan bilamana ada warganya yang positif,” ungkapnya.

Rangkaian Apel HANI 2023 di Kota Tangerang tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi anti narkoba oleh seluruh stakeholder terkait serta lapisan masyarakat. Dan pemberian santunan kepada anak-anak yatim di Kelurahan Karawaci Baru.

“Nantinya, BNN Kota Tangerang bersama dengan Kesbangpol dan Dispora Kota Tangerang yang memiliki kader pemuda akan melakukan bimbingan teknis kepada seluruh Kelurahan yang belum menjadi Kelurahan tematik Bersinar,” lanjut Ichlas.

Sementara itu, Camat Karawaci, Mahdiar, merasa senang dengan adanya penggiat anti narkoba di Kelurahan Karawaci Baru yang merupakan Kelurahan tematik Bersinar pertama di Kecamatan Karawaci.

“Kampung tematik Bersinar di Perumnas ini dari berbagai lapisan masyarakat serta rentan usia. Ketika ada program ini dari BNN, kita bisa secara langsung menangkap dan mencegah adanya peredaran narkoba diwilayahnya,” ucapnya.

Salah satu anggota IBM Kelurahan Karawaci Baru, Dindin Aminudin, menjelaskan peran IBM di tengah masyarakat untuk mensosialisasikan tentang bahayanya narkoba, “Kami membantu pemulihan rehabilitasi dalam tingkat ringan, dan kami mendata siapa saja yang pernah positif terkena narkoba,” ucapnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa semakin menyadarkan seluruh lapisan masyarakat tentang bahayanya peredaran gelap narkoba. (*)

ADVERTISEMENT