Pengukuhan ICMI Kota Tangerang, Hadir Sebagai Solusi Bangsa

Pengukuhan ICMI Kota Tangerang, Hadir Sebagai Solusi Bangsa
Pengukuhan 90 Anggota ICMI Orda Kota Tangerang Diketuai Oleh Ahmad Jazuli Abdillah. Minggu 26 Desember 2021. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Kota Tangerang periode 2021 – 2026 resmi dikukuhkan, Minggu (26/12/2021).

Bertempat di Aula Kampus Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang, Jalan Syekh Yusuf, Babakan Kota Tangerang.

H. Ahmad Jazuli Abdillah yang juga merupakan Anggota DPRD Provinsi Banten, didaulat kembali memimpin Orda ICMI Kota Tangerang periode 2021 – 2026 mendatang.

Hadir dalam pengukuhan Ketua Umun Pusat ICMI Prof Dr Arif Satria, Prof Dr Lili Romli Orwil ICMI Provinsi Banten, Dr Susari Dewan Pembina Orda ICMI Kota Tangerang, Rektor UMT, MUI, DMI, Muhamadiyah, NU, BPJS Kesehatan, Kemenag, PDM, Himpaudi, KAHMI, HMI, KPUD, Bawaslu dan sejumlah Ormas.

Prof. Dr Arif Satria, Ketua Umum Pusat ICMI yang juga merupakan Rektor IPB mengatakan Andalan ICMI saat ini adalah daerah, dan ujung tombak ICMI itu ada didaerah.

“Sekarang kita akan fokus pada bagaimana memberdayakan Organisasi wilayah (Orda) dan Organisasi daerah (Orda) yang ada untuk jadi ujung tombak program-program ICMI,” ujarnya ditemui Pelitabanten.com usai pelantikan.

Lebih jauh Ia menjelaskan, program yang utama adalah Solusi Bangsa dan ICMI diharapkan akan semakin eksis keberadaannya oleh masyarakat. ICMI nantinya lebih menonjolkan Kecendikiawanannya.

“ICMI itu yang tidak boleh meratapi masalah, tidak boleh meratapi kegelapan. yang harus kita lakukan adalah menyalakan lilin untuk bisa menerangi dan memberi solusi, sebab tugas dari seorang cendikiawan adalah mencerahkan,” tandasnya.

Ditemui terpisah, Ahmad Jazuli Abdillah Ketua Orda ICMI Kota Tangerang periode 2021-2026, senada mengatakan organisasi ICMI hadir sebagai pencerahan di tengah kompleksitas kehidupan masyarakat.

Dan ICMI Kota Tangerang lebih memberikan apresiasi kepada penulis buku yang karyanya menjadi inspirasi bagi masyarakat. Pengurus yang hari ini dilantik terdiri dari para pekerja sosial, pegiat lingkungan, orang yang aktif dalam keagamaan, pendidik dan nakes yang membantu masyarakat berobat tanpa pamrih.

“Kami mencari dan mendata sejumlah masyarakat yang bekerja tanpa diketahui orang banyak. Mereka kerjanya ikhlas tidak mesti ramai diketahui orang. Padahal yang dikerjakannya sangat terasa di tengah masyarakat. kita harus apresiasi dengan award,” kata Dia.

Banyak kelompok atau organisasi yang tumbuh di Kota Tangerang, ICMI tidak hadir sebagai buntut cicak . Tetapi kata Dia, ICMI Kota Tangerang harus memberikan solusi bagi daerah dan bagi pembangunan, mencerdaskan masyarakat ditengah kehidupan yang serba modern saat ini.

“ICMI bukan sebagai Organisasi ikut-ikutan seperti ekor cicak yang selalu mengekor, seorang cendikiawan harus hadir sebagai pemberi solusi,” pungkasnya.