Pemutakhiran Data Pemilih, Benyamin Ajak Sukseskan Coklit

Pemutakhiran Data Pemilih, Benyamin Ajak Sukseskan Coklit
Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie,(dok ist)

TANGERANG SELATAN, Pelitabanten.com  – Tahapan pelaksanaan Coklit (Pencocokan dan Penelitian) untuk pemutakhiran data pemilih di Kota Tangerang Selatan mulai dilakukan. Kegiatan Coklit tersebut diawali oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dengan mendatangi rumah pribadi Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, di Lengkong Karya, Serpong Utara, pada Senin (13/02).

Usai melakukan Coklit, Benyamin mengatakan bahwa pelaksanaan Coklit jadi bagian penting dalam kesuksesan penyelenggaraan Pemilu. Karena dari sini lah data pemilih akan dicocokkan dengan kondisi di lapangan untuk pelaksanaan Pemilu 2024.

“Ya alhamdulillah hari ini saya sudah didatangi petugas panitia pendaftaran pemilih Lengkong Karya dan saya sudah terdaftar di TPS 19 untuk Pemilu tahun 2024,” ujar Benyamin.

Untuk itu, ia juga berpesan kepada seluruh masyarakat bahwa kehadiran Pantarlih di rumah-rumah warga nantinya dapat diterima. Dan untuk mempercepat pencocokan data, ia mengimbau agar disiapkan kartu identitas.

“Nantinya masyarakat akan didatangi petugas Pantarlih, yang perlu disiapkan adalah identitas kependudukan baik KTP, Kartu Keluarga maupun identitas pendukung lainnya,” ucapnya.

Termasuk mengajak kepada seluruh warga Tangerang Selatan untuk segera memiliki kartu identitas digital.

Ia meyakini dengan data yang mutakhir, valid dan faktual tentunya akan mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024. Hal ini utamanya dalam menekan angka golput dan proses pencarian TPS.

“Ya Coklit harus disukseskan oleh semua pihak. Ini penting agar data pemilih bisa sesuai dengan mereka yang memiliki hak pilih,” ujarnya.

Harapan yang sama juga dilontarkan Ketua KPU Tangsel, M. Taufiq MZ, terutama soal kedatangan petugas Pantarlih nantinya ke rumah-rumah warga untuk melakukan pemutakhiran data.

“Imbauan Wali Kota juga kita berharap dapat diikuti oleh seluruh masyarakat se-Tangerang Selatan,” ucapnya.

Hal ini penting dalam rangka menyusun dan memutakhirkan data pemilih lebih akurat, komprehensif dan termutakhir.

Pelaksanaan Coklit akan digelar dari tanggal 12 Februari hingga 14 Maret 2023.