Pembukaan Festival Cisadane 2023 Tunjukan Kota Tangerang Kaya Budaya

Pembukaan Festival Cisadane 2023 Tunjukan Kota Tangerang Kaya Budaya
Tarian Pembukaan Festival Cisadane 2023 Kota Tangerang. Rabu (22/11) Malam WIB. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Festival Cisadane 2023 membuktikan kekayaan budaya yang dimiliki Kota Tangerang.

Salah satu ajang tahunan paling ditunggu ini, resmi dibuka dengan penampilan ciamik dari berbagai representasi kebudayaan yang tumbuh di Kota Tangerang, mulai dari Betawi, Tionghoa (Cina Benteng), sampai sentuhan budaya kontemporer.

Pembukaan Festival Cisadane 2023 menyuguhkan penampilan akulturasi budaya melalui kolaborasi yang menarik, meliputi Tari Kolosal, Barongsai Boen Tek Bio, Perahu Naga, sampai alunan Gambang Kromo yang turut melengkapi harmonisasi akulturasi yang berkelindan indah.

“Ini tidak hanya sekadar festival yang seremonial, Festival Cisadane juga menjadi ajang menyuguhkan akulturasi budaya yang menjadi salah satu bukti kekayaan dan keanekaragaman budaya di Kota Tangerang,” ujar Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, Rizal Ridolloh, Rabu, (22/11/2023) malam.

Tidak hanya itu, ratusan masyarakat yang memadati bantaran Sungai Cisadane juga terlihat sangat menikmati harmonisasi akulturasi budaya yang disuguhkan.

Hal ini membuktikan, Festival Cisadane 2023 menjadi salah satu ajang kebudayaan dan potensi pariwisata unggul, khususnya di Kota Tangerang dan Provinsi Banten.

“Penampilan akulturasi kebudayaan ini disuguhkan secara harmonis dan indah. Lebih lanjut, Festival Cisadane mampu dijadikan tontonan, wisata, dan hiburan alternatif bagi seluruh masyarakat Kota Tangerang,” tambahnya.

Selain itu, Festival Cisadane 2023 masih akan terus berjalan dengan berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan selama 22-26 November 2023 mendatang

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga dan melestarikan budaya lokal melalui Festival Cisadane Tahun 2023, yang digelar di Bantaran Sungai Cisadane.

Dalam sambutannya, Arief, menekankan pentingnya pelestarian tradisi dan menjaga warisan budaya seperti Festival Cisadane yang menjadi ciri khas Kota Tangerang.

“Alhamdulillah, Festival Cisadane kembali digelar. Kita ketahui bersama, Sungai Cisadane menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat dan menjadi pusat dalam perayaan keberagaman masyarakat Kota Tangerang,” ucap Arief saat membuka Festival Cisadane.

“Jaga kebersihan Sungai Cisadane biar bisa terus bermanfaat buat Kota Tangerang,” serunya.

Arief, juga mengatakan, festival ini bukan hanya perayaan seni dan budaya semata, tetapi juga turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Sembari kita lestarikan budaya lokal, kita juga tentunya turut memberikan kesempatan bagi masyarakat khususnya UMKM untuk menjajakan produknya sehingga dapat turut meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar wali kota

Diakhir sambutannya, wali kota beserta wakil, menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama selama dua periode menjalankan amanah di Kota Tangerang.

“Saya dan pak Sachrudin, mengucapkan terima kasih  kepada seluruh Forkopimda khususnya masyarakat Kota Tangerang, yang telah membantu dan sama-sama berupaya mewujudkan Kota Tangerang yang semakin maju dan sejahtera,” pungkasnya.