Multaqo Imam Masjid se-Kota Tangerang, Hadirkan Ulama Asal Finlandia

Multaqo Imam Masjid se-Kota Tangerang, Hadirkan Ulama Asal Finlandia
Multaqo Imam Masjid se-Kota Tangerang, Jumat (12/5). Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangerang baru saja menggelar multaqo untuk seluruh imam masjid se-Kota Tangerang. Jumat, (12/5/2023).

Dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin, multaqo yang digelar pada pagi hari ini diisi oleh berbagai narasumber yang kapabilitasnya terjamin, yakni Pakar Al-Quran, Imam, dan Khatib di Finlandia, Syeikh Zaid Qaid, dan Pembina Markaz Sanad Qur’an Da’arul Qur’an, Zaid Ali Al Ghoily.

Perwakilan DMI Kota Tangerang, sekaligus narasumber dan Pimpinan Pesantren Tahfidz Da’arul Qur’an, K.H Ahmad Jamil menuturkan, multaqo bertema “Urgensi Kompetensi Al-Qur’an bagi Imam Majid” tersebut sangat penting diikuti untuk meningkatkan kualitas para imam masjid yang ada di Kota Tangerang.

“Alhamdulillah, multaqo ini telah berjalan dengan baik. Lewat narasumber yang luas biasa, seluruh peserta yang berasal dari para imam masjid se-Kota Tangerang diajak untuk memperhatikan sanad Al-Quran, serta bertukar pengalaman mengenai pengembangan masjid, dakwah, dan Islam secara luas di berbagai belahan dunia,” ujar narasumber sekaligus Pimpinan Pesantren Tahfidz Da’arul Quran, K.H Ahmad Jamil, seusai mengisi multaqo.

Ia melanjutkan, multaqo ini tidak hanya berisi tentang pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan mengenai Al-Qur’an semata. Lanjutnya, imam masjid se-Kota Tangerang diajak untuk berbagi pengalaman dalam mengembangkan masjid agar tetap berada di cita-cita awalnya yang mulia, yakni tidak hanya tempat beribada, melainkan juga bermanfaat untuk kehidupan sosial yang merata.

“Multaqo ini menjadi kesempatan untuk DMI Kota Tangerang agar mengoptimalkan peran dan fungsi masjid yang tidak hanya sebagai tempat beribadah semata, melainkan agar dapat membawa manfaat bagi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Selain itu, multaqo ini digunakan sebagai kesempatan untuk merekatkan sinergitas antara DMI Kota Tangerang dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Nantinya, setelah multaqo selesai digelar, akan terjalin berbagai kerja sama, salah satunya adalah menciptakan program untuk kesejahteraan masjid secara khusus, dan masyarakat luas secara umum.

“Setelah multaqo ini, DMI Kota Tangerang dan Pemkot Tangerang untuk mengadakan daurah (pelatihan) intensif untuk meningkatkan kualitas imam se-Kota Tangerang, dibarengi dengan regenerasi untuk para imam, agar tetap terjalin, serta masjid terus berkembang dan tidak ditinggalkan masyarakat,” pungkasnya.