Muhammad Rizal Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ke Guru-guru TPQ se-Kota Tangsel

Muhammad Rizal Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ke Guru-guru TPQ se-Kota
Anggota MPR RI H Muhammad Rizal S.H MSi, menggelar kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Masjid Jami' Al-I'tishom, Kecamatan Ciputat.(Dok Ist)

TANGERANG SELATAN, Pelitabanten.com – Anggota MPR RI H Muhammad Rizal S.H MSi, menggelar kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Masjid Jami’ Al-I’tishom, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan tersebut dihadiri peserta dari guru-guru TPQ (dari kalangan Taman Pendidikan Al-quran) yang berada di wilayah kota tangerang selatan sebanyak 500 orang guru agama.

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Rizal didampingi oleh Ketua IPQ (Ikatan Pendidik Qur’an) Bapak Amin Chumaidi dan ketua panitia Ibu Siti Arofah.

Pada sosialisasi tersebut H. Muhammad Rizal menjelaskan pentingnya sosialisasi empat pilar kebangsaan untuk diketahui karena hal tersebut merupakan sesuatu yang fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sosialisasi ini sangat penting dan strategis untuk dipahami oleh seluruh guru TPQ khususnya agar murid-murid yang di didik memahami betul maknanya dan dapat melaksanakan nilai-nilai empat pilar kebangsaan dalam kehidupannya sehari-hari.” terangnya, rabu (31/8/2022).

Ia melanjutkan bahwa Empat Pilar kebangsaan yaitu terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pancasila merupakan dasar dan ideologi negara yang kita miliki, harus dipahami oleh anak-anak bangsa karena merupakan hal yang menjadi pundamental dalam melaksanakan dan menjalankan kehidupan bernegara.” jelasnya

Ia pun mengungkapkan bahwa memahami nilai-nilai Empat Pilar akan memberikan pemahaman kepada generasi penerus bangsa agar dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, jiwa patriotisme dan semangat nasionalisme.

Disamping itu, memahami nilai-nilai pancasila akan meningkatkan keimanan terhadap Tuhan yang maha esa, rasa kemanusiaan, persatuan dan kesatuan bangsa.

Tentunya, pemahaman terhadap nilai2 empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. “harapannya semoga dapat menumbuhkan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa dan dapat memahami semua perbedaan serta keanekharagaman yang ada di dalam masyarakat.” tuturnya

Terakhir Muhammad Rizal dari politisi PAN ini berharap, semoga dengan kegiatan sosialisasi empat pilar ini. “guru guru IPQ, anak didiknya dan masyarakat menjadi mengerti dan memahami terhadap nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dan dapat melaksanakannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.” ungkapnya