Libur Nataru 2024, Polisi di Kota Tangerang Bentuk Tim Patroli Sepeda di Rest Area

Libur Nataru 2024, Polisi di Kota Tangerang Bentuk Tim Patroli Sepeda di Rest Area
Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho Bentuk Patroli Bersepeda di Rest Area Kecamatan Pinang. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Berbagai cara dan upaya dilakukan aparat Kepolisian dalam memberikan pelayanan dan pengamanan Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di Kota Tangerang.

Selain mendirikan Pos Pelayanan (posyan) dan pos pengamanan (pospam) di titik-titik tertentu.

Polres Metro Tangerang Kota, Jajaran TNI dan Pemkot Tangerang membentuk patroli polisi bersepeda di Rest Area KM 13, 5 dan 14 arah Merak-Jakarta dan Jakarta-Merak di Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menyebut giat pengamanan di setiap posyan maupun pospam yang dilakukan jajarannya cukup berbeda dan bervariasi serta dilakukan dalam waktu-waktu menyesuaikan lokasi dan jam-jam rawan gangguan Kamtibmas.

“Seperti di Rest Area Pospam KM 13,5 dan KM 14 Kecamatan Pinang. Sejumlah anggota melakukan patroli dengan menggunakan sepeda. Tujuannya agar dapat menjangkau lokasi tertentu. Kita berikan imbauan kamtibmas kepada pengguna kendaraan (mobil, red) yang beristirahat agar tetap menjaga kesehatan dan menjaga barang bawaan dari kejahatan pecah kaca,” jelasnya.

Meski jangkauannya terbatas, menurut Zain patroli sepeda dari Polres Metro Tangerang Kota, punya kelebihan dibanding patroli dengan menaiki kendaraan bermotor, salah satunya lebih fleksibel dan mudah menjangkau lokasi terkecil di sekitar rest area.

“Ini lebih fleksibel, karena bisa menjangkau berbagai lokasi dengan mudah. Mulai dari area perparkiran, daerah SPBU, pusat perbelanjaan maupun tempat kuliner yang disinggahi para pengguna kendaraan di rest area tersebut,” kata Zain.

Lanjut dia, personil yang melakukan patroli bersepeda di dua rest area ini berasal dari Polsek Pinang yang dibagi dalam dua tim di komandoi langsung oleh Kapolsek Pinang, Iptu Diana Aldini.

“Kami ada dua tim yang bergerak di dua rest area tersebut. Dua sepeda dan dua personel di Rest Area KM 13, 5 arah Merak-Jakarta dan dua sepeda dua personel di Rest Area KM 14, arah Jakarta Merak,” tuturnya.

Zain berharap, dengan patroli bersepeda ini akan melengkapi patroli kendaraan bermotor yang selama ini sudah berjalan pada operasi Lilin Jaya 2023 dan operasi Mantap Brata pemilu 2024.

“Harapan kami situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota senantiasa kondusif dan aktivitas masyarakat berlangsung aman dan lancar di libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” pungkasnya.