Lansia di Kota Tangerang Mulai Dapatkan Vaksinasi Booster ke- 2 Covid-19

Lansia di Kota Tangerang Mulai Dapatkan Vaksinasi Booster ke- 2 Covid-19
Lansia Kota Tangerang Mulai Vaksin keempat Covid-19. Foto Pelitabanten.com ((*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Pasca Kementerian Kesehatan mengizinkan pemberian vaksin Covid-19 booster kedua atau vaksin keempat, dengan sasaran lansia atau orang berusia 70 tahun keatas. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kini sudah mulai membuka layanan vaksinasi Covid-19 booster kedua, untuk warga lanjut usia (lansia) yang bisa diakses di seluruh Puskesmas di Kota Tangerang.

“Warga lanjut usia sudah bisa mengakses layanan vaksinasi booster kedua. Warga lansia bisa mengecek jadwal pelaksanaan setiap puskesmas melalui Instagram @dinkes.kotatangerang, melalui link yang tercantum di bio instagram. Lalu pilih informasi vaksinasi Covid-19 dan Imunisasi dan pilih Puskesmas terdekat atau yang ingin dituju,” ungkap dr Dini Anggraeni, Kepala Dinas Kesehatan, Kota Tangerang, Senin (12/12/2022).

Ia pun mengungkapkan, salah satu syarat untuk bisa mengakses layanan vaksinasi booster kedua ialah jarak dari vaksinasi booster pertama minimal enam bulan, berusia lebih dari 60 tahun dan warga lansia dalam kondisi sehat.

“Lansia memang menjadi sasaran prioritas untuk vaksinasi booster kedua ini. Pasalnya, lansia merupakan kelompok yang lebih rentan terpapar Covid-19 dan biasanya memiliki komorbid yang berpotensi memperparah gejala apabila terinfeksi. Hal inilah yang kita antisipasi dengan booster kedua,” jelas dr Dini.

Kata dr Dini, baru dimulai sekitar satu pekan ini, capaian vaksinasi booster kedua pada lansia di Kota Tangerang sudah diangka 3.122 lansia. Sedangkan untuk capaian vaksinasi Covid-19 pada lansia dosis satu diangka 80.415 lansia, dosis kedua 74.721 lansia dan dosis ketiga atau booster pertama 58.201 lansia.

“Dengan ini, Dinkes akan berupaya meningkatkan capaian vaksinasi booster kedua pada lansia. Sehingga, pemberian booster kedua, sebagai mitigasi peningkatan kasus dan munculnya sub varian baru dapat berhasil. Namun pastinya, ini mnejadi langkah pemberian perlindungan tambahan terhadap kelompok rentan, untuk mengurangi tingkat keparahan bahkan kematian akibat Covid-19,” tegas dr Dini.

Selain melayani vaksinasi booster untuk lansia. Puskesmas juga tetap memberikan layanan vaksinasi reguler untuk warga yang telah memenuhi syarat. Sehingga tingkat kekebalan masyarakat di Kota Tangerang akan semakin baik.

“Kami mengajak, masyarakat Kota Tangerang yang belum vaksinasi maupun yang belum melengkapi dosis primer juga booster, terutama pada lansia agar segera melakukan vaksinasi. Jika lansia tidak memungkinkan ke Puskesmas, keluarga dapat melakukan permohonan vaksinasi booster kedua door to door ke Puskesmas terdekat,” katanya.